Pixel Code jatimnow.com

Pemkot Madiun Pinjam Gerbong KA Isolasi untuk Tampung Pasien Covid-19

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Mita Kusuma

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun meminjam gerbong kereta api isolasi dari PT Industri Kereta Api (INKA) untuk menampung pasien Covid-19.

"Gerbong kereta api ini bakal digunakan untuk merawat pasien Covid-19 di Kota Madiun dan sekitar," kata Wali Kota Madiun, Maidi dalam siaran pers yang diterima redaksi, Kamis (21/1/2021).

Emergency Medical Train (EMT) milik PT INKA itu terdiri dari tiga train set dengan total 24 gerbong.

"Nanti 8 gerbong untuk pasien dan enam gerbong untuk tenaga medis dan kesehatan. Kereta medis darurat tersebut dapat menampung 252 pasien dan 72 medis," lanjut dia.

Baca juga:
Muncul Lagi Subvarian Omicron Baru BA.2.75

Kereta itu juga dilengkapi fasilitas kesehatan seperti lemari penyimpanan obat, lemari pendingin, alat bantu pernafasan lengkap dengan oksigennya dan alat medis lainnya.

"Alatnya sudah lengkap dan terus kita koordinasikan untuk tenaga medisnya. Semoga dalam minggu-minggu ini sudah bisa digunakan," harapnya.

Baca juga:
PKK Jatim dan Unicef Berkolaborasi Geber Imunisasi Anak Pascapandemi

"Saya berharap kedepan sudah tidak ada lagi penambahan kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Madiun. Bila digunakan tidak sampai semua rangkaian gerbong dimanfaatkan," imbuhnya.

Dirgahayu Ri 77 Bank Jatim

Hingga hari ini, kasus positif Covid-19 di Kota Madiun mencapai 740 pasien dengan perincian 478 sembuh, 66 masih dalam perawatan, 143 orang isolasi mandiri dan 53 orang meninggal dunia.