Pixel Code jatimnow.com

Rasa Segar Sedikit Asam, Apel Rome Beauty dari Malang Melimpah di PIOS

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Buah Apel Rome Beauty melimpah di PIOS
Buah Apel Rome Beauty melimpah di PIOS

jatimnow.com - Selain apel manalagi, pedagang Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) juga menyediakan jenis Rome Beauty. Menurut mereka, apel jenis ini lebih banyak diminati pelanggan.

Salah satu pedagang apel di PIOS, Mujiono menjelaskan jika apel Rome Beauty ini memiliki bentuk bulat dan ukuran yang lebih besar jika dibanding dengan apel manalagi.

Sementara dalam hal rasa, apel Rome Beauty memiliki rasa segar sedikit asam. Apalagi tampilan warna hijau bercampur merah membuat daya tarik tersendiri bagi para penikmat apel lokal.

"Kalau pelanggan saya kebanyakan memang lebih menyukai apel Rome Beauty dari pada apel manalagi," kata Mujiono saat ditemui di lapaknya yang berlokasi di Blok B PIOS, Kamis (21/1/2021).

Dijelaskannya, selain untuk dimakan secara langsung untuk apel Rome Beauty yang memilik daging berwarna putih ini juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jus dan manisan.

"Pedagang jus banyak yang membeli apel Rome Beauty. Mungkin karena dagingnya yang agak keras maka apel jenis ini banyak yang digunakan sebagai bahan jus dan manisan," terang dia.

Baca juga:
Rock Melon asal Blitar Jadi Favorit Pelanggan PIOS

Dari segi harga, apel Rome Beauty ini juga lebih mahal jika dibanding dengan apel manalagi. Per kilogramnya, Mujiono menjualnya dengan harga Rp 17 ribu.

Mujiono menambahkan jika satu pohon yang telah berusia sekitar 7 tahun lebih maka bisa menghasilkan 30 hingga 40 kilogram apel Rome Beauty per musim.

"Apel jenis ini hanya berisi 3 sampai 4 buah saja per kilogramnya," lanjutnya.

Baca juga:
Dapat Harga yang Bagus, Petani Gresik Ingin Pasok Hasil Panen Semangka ke PIOS

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com