Jelang Imlek, Apel China Melimpah di Pasar Induk Osowilangun Surabaya


jatimnow.com - Buah impor mudah ditemui di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS). Salah satu jenis buah impor di pasar grosir yang berlokasi di Kecamatan Benowo itu adalah apel yang didatangkan dari Negara China.

Salah satu pedagang buah impor di PIOS, Arif menjelaskan jika apel impor yang banyak masuk ke PIOS adalah jenis apel Fuji yang terdiri dari 2 merek yakni merek Changhe dan Yum-Yum.

Para pedagang di PIOS memenuhi lapak mereka dengan buah apel jelang Tahun Baru China (Imlek) yang dirayakan umat Khonghucu pada 12 Februari mendatang.

"Kalau apel merek Changhe warna dusnya biru, sedang apel Yum-Yum warna dusnya hitam. Keduanya jenis apel Fuji," kata Arif saat ditemui di lapaknya, Selasa (26/1/2021).

Ia menjelaskan jika apel Fuji yang dijualnya merupakan jenis apel Fuji premium. Selain ukurannya yang besar rasanya juga manis, kandungan airnya banyak dan segar. Tak heran jika apel Fuji di PIOS selalu laris manis diborong pelanggan.

Untuk apel Fuji merek Changhe maupun Yum-Yum dibanderol dengan harga sama yakni Rp 300 ribu per dusnya.

"Merek Changhe isinya 100 buah, sedang merek Yum-Yum isinya 80 buah. Meski begitu harganya sama, yakni Rp 300 ribu per dusnya. Kalau belinya 10 dus ada potongan harga jadi Rp 295 ribu," jelas Arif.

Pedagang asli Bojonegoro itu juga mengaku jika penjualan apel Fuji di lapaknya rata-rata perhari bisa menjual 30 hingga 50 dus.

Ia menyebut, penjualan tersebut bisa mengalami lonjakan saat menjelang perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri, Maulid Nabi, Natal, Imlek maupun saat musim hajatan tiba.

"Selama ini kalau paling sepi laku hanya 30 dus. Tapi rata-rata normalnya sih maksimal 50 dus per hari. Beda lagi kalau lebaran, Maulid Nabi atau natal dan tahun baru serta Imlek bisa meningkat drastis," tandasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter