Oknum Polisi Diamankan karena Dekat Jaringan Teroris Sejak 2012

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Polisi saat melakukan olah TKP di salah satu gereja usai bom meledak./Foto: Dokumen jatimnow.com.

jatimnow.com  - Oknum polisi yang diamankan atas dugaan dekat dengan jaringan teroris, diduga sudah mengenal paham radikal sejak lama.

Bahkan setelah mengenal sejumlah nama terduga teroris, oknum polisi berinisial NL itu intens melakukan komunikasi dengan para terduga.

Informasi yang digali jatimnow.com di lapangan menyebut, oknum polisi berpangkat Bripka itu sudah mengenal paham radikal sejak tahun 2012.

Bripka NL merupakan salah satu anggota reserse kriminal di polres di luar Jawa.

Itu setelah ia kerap datang mengikuti sebuah kajian bersama terduga teroris. Dari sanalah, NL akhirnya memiliki satu paham dengan sejumlah terduga.

Baca juga: Diduga Dekat Jaringan Teroris, Seorang Oknum Polisi Diamankan

Hanya saja, pada Senin (28/5/2018) lalu, NL akhirnya diamankan karena percakapannya dengan sejumlah terduga teroris terbongkar.

Diamankannya NL dibenarkan Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol M Iqbal, Kamis (31/5/2018) saat ditemui di Mapolrestabes Surabaya.

"Iya benar, sudah diamankan," jawab Iqbal singkat saat dirinya mendampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam rangka Safari Ramadhan bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Informasi lain menyebut, seiring berjalannya waktu, NL semakin intens berkomunikasi dengan para terduga teroris melalui medsos.

Bahkan sejumlah bahan yang mengajarkan paham radikal dari pentolan JAD (Jamaah Anshorut Daullah) juga ditelannya mentah-mentah.

Puncaknya, Maret 2018 NL lebih intens mengirimkan foto-foto kegiatan kepolisian yang diikutinya kepada para terduga teroris yang dekat dengannya.

Beruntung, ulah NL cepat terpantau8 dan terendus Tim Densus 88. Sehingga NL akhirnya diamankan oleh pihak Propam. Sayangnya M Iqbal saat dikonfirmasi enggan memberikan banyak penjelasan.

Reporter: Narendra 

Editor: Erwin Yohanes

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter