5 Kecamatan di Ponorogo Terendam Banjir, BPBD: Beberapa Tanggul Rusak

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

jatimnow.com - Hujan yang mengguyur Kabupaten Ponorogo mengakibatkan 5 kecamatan terendam banjir, Rabu (3/2) malam.

"Dari 21 kecamatan yang ada di Ponorogo, 5 kecamatan yang banjir. Yaitu Kecamatan Sambit, Siman, Ponorogo kota, Balong dan Sukorejo," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Ponorogo, Imam Basori, Kamis (4/2/2021).

Menurutnya, banjir di 5 kecamatan itu akibat sungai tidak mampu menampung air hujan. Rata-rata, wilayah yang mengalami banjir itu di berada di bantaran sungai.

"Kebetulan di wilayah banjir itu hanya berlangsung pukul 18.30 Wib hingga pukul 02.00 Wib. Tadi pagi sudah surut," ujar dia.

Dijelaskannya, untuk kedalaman banjir di 5 kecamatan itu bervariasi. Banjir setinggi lutut hingga perut orang dewasa ada di beberapa titik.

"Seluruh aliran sungai yang ada di wilayah Ponorogo ini kan muaranya hanya satu yaitu Sungai Sekayu. Jadi yang kita perhatikan, volume air tinggi masuk ke satu titik wilayah barat wilayah Wonogiri bermuara ke Sekayu sebelum ke Bengawan Solo," terangnya.

Banjir juga mengakibatkan beberapa tanggul yang rusak.

"Tanggul yang rusak ada di Kecamatan Ponorogo. Untuk seputaran Paju kecil, Kecamatan Balong desa Bajang ada kerusakan tanggul meski tidak besar. Kita terjunkan tim kerusakan untuk inventarisir kerusakan," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter