Direktur Paskomnas: PIOS Mendukung Berkembangnya Petani dan Pedagang Kecil

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

General Manager PIOS, Rahayu Trissila dan Direktur Paskomnas, Hartono Wignjopranoto

jatimnow.com - Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) yang berdiri sejak tahun 2010 disebut telah banyak membantu perekonomian masyarakat di Jawa Timur.

Itu disampaikan oleh Direktur Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas), Hartono Wignjopranoto. Menurutnya, kesejahteraan petani dan pedagang banyak yang mengalami peningkatan karena berdirinya pasar induk yang terletak di Benowo, Surabaya itu.

Selain itu, PIOS juga menjadi bagian penting bagi ketahanan pangan nasional karena menjadi mediator antara petani, pedagang dan masyarakat atau konsumen.

"Kurang lebih 300 ton komoditi yang masuk setiap hari ke PIOS mayoritas dipasok petani dari berbagai daerah di Jawa Timur dan provinsi lain. Hal itu dikarenakan komitmen besar yang dimiliki PIOS untuk meningkatkan taraf hidup petani dan pedagang," kata Hartono, Minggu (23/5/2021).

Menurutnya, managemen melihat kehadiran PIOS yang merupakan pasar grosir terbesar di Surabaya telah banyak membantu masyarakat, terutama petani dan pedagang.

Bagi masyarakat, PIOS menjadi penyedia berbagai macam komoditi yang dibutuhkan masyarakat sekaligus menjadi pengontrol harga agar tidak terjadi inflasi.

Sedang bagi petani, PIOS telah menjadi tempat penampung yang ideal berbagai macam hasil panen petani dari berbagai daerah di Jawa Timur dan provinsi lain. Untuk pedagang, PIOS adalah pasar grosir yang sangat memahami kondisi mereka.

"Kalau di PIOS bayar sewa lapaknya sesuai dengan kuota barang yang didatangkan pedagang. Tujuannya agar pedagang kecil bisa berjualan sesuai kemampuannya. Berbeda dengan pasar lain yang umumnya menyewakan ruangan lapak dimana pedagang kecil dan besar bayarnya sama," jelas Hartono.

Dengan konsep yang diterapkan itu, Hartono mengakui jika Paskomnas selaku pengelola mendapat keuntungan yang tidak banyak. Padahal ia menyebut nilai investasi membangun PIOS menyedot dana yang cukup besar.

"Membangun PIOS ini dananya besar sekali sedangkan keuntungan yang masuk ke managemen tidak banyak. Tapi tidak apa-apa, sebab tujuan utama kami adalah untuk mendukung berkembangnya petani dan pedagang kecil agar bisa menjadi besar," pungkas Hartono.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter