Kapolres dan Dandim Blitar Pantau Penyembelihan Hewan Kurban di RPH

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Zain Ahmad

Kapolres dan Dandim 0808 Blitar membagikan daging kurban ke warga

jatimnow.com - Kapolres bersama Dandim 0808 Blitar melaksanakan patroli dan monitoring penyembelihan hewan kurban dalam Hari Raya Idul Adha 1442 H di salah satu Rumah Pemotongan Hewan (RPH) kabupaten setempat.

Kegiatan yang dilakukan pada Selasa (20/7/2021) itu untuk memastikan dan menegakkan ketentuan-ketentuan yang telah diimbau pemerintah sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama No. 17 Tahun 2021 tentang peniadaan sementara peribadatan di tempat ibadah, malam takbiran, Salat Idul Adha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M.

"Secara keseluruhan pelaksanaan pemotongan hewan kurban sudah melaksanakan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 tersebut," ujar Kapolres Blitar, AKBP Leonard Sinambela, Rabu (21/7/2021).

Menurut Leonard, dalam monitoring tersebut dirinya dan Dandim serta jajaran juga tidak menemukan hewan kurban yang kurang sehat atau mengandung cacing hati.

Selain itu, Leonard dan Dandim juga melakukan monitoring untuk pengawasan ternak dan daging kurban hingga ke tingkat kecamatan. Pemeriksaan meliputi persyaratan ternak sesuai syariat dan kesehatannya sebelum disembelih dan periksa dagingnya sebelum dibagikan.

"Hal itu dilakukan untuk memastikan ternak memenuhi syarat dan aman dikonsumsi warga penerima," tambah Alumni Akpol Tahun 2000 tersebut.

Untuk diketahui, Hari Raya Idul Adha 2021 bertepatan dengan hari terakhir pelaksanaan PPKM Darurat. Sehingga pemotongan hewan kurban dilakukan di RPH, lalu dagingnya dibagikan secara door to door untuk menghindari kerumunan warga.

Kapolres dan Dandim 0808 Blitar meninjau penyembelihan hewan kurban di RPHKapolres dan Dandim 0808 Blitar meninjau penyembelihan hewan kurban di RPH

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter