Arus Mudik H-1 Berjalan Lancar, Angka Kecelakaan di Banyuwangi Menurun


Kondisi lalu lintas pada H-1 lebaran di Jalan Banyuwangi-Jember Kecamatan Kabat/ Foto: Hafiluddin Ahmad

jatimnow.com - Arus mudik lebaran tahun ini jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Banyuwangi mengalami penurunan cukup signifikan, yakni sebesar 65 persen.

Setidaknya di tahun 2017 angka kecelakaan lalu lintas berada di angka 25 kejadian, sejak H-7 hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri. Dibanding tahun lalu, hingga H-1 ini prosentase laka lantas menurun menjadi 9 kejadian.

Hal ini menjadi bukti bahwa, tingkat kesadaran para pengguna jalan kian tinggi. Kedua, pemasangan sejumlah rambu lalu lintas seperti di jalur black spot efektif mengurangi angka kecelakaan.

Kanit Laka Lantas Polres Banyuwangi Ipda Ardhi Bitha Kumala mengatakan, selain melakukan pemasangan spanduk di jalur black spot pihaknya juga mengintensifkan penjagaan di jalur yang kerap menimbulkan kecelakaan.

"Jumlah angka kecelakaan yang kami catat hingga H-1 ini menurun dibanding tahun 2017," ujar Ipda Ardhi di Banyuwangi, Kamis (14/6/2018).

Dia merinci, 25 kejadian laka lantas tahun lalu terdapat 10 jiwa korban meninggal dunia, korban luka ringan sebanyak 31 jiwa dengan kerugian material sebesar Rp 47 juta rupiah.

Pada arus mudik tahun ini dari 9 kejadian, jumlah korban meninggal dunia tidak ada, lalu luka berat 4 jiwa, dan luka ringan sebanyak 8 jiwa dengan kerugian material senilai Rp 8,5 juta.

Namun demikian, lanjutnya, hal ini merupakan buah partisipasi dari berbagai pihak termasuk para pengguna jalan dalam mematuhi aturan dan mengutamakan keselamatan berlalu lintas.

"Jadi, selain rutin patroli dari pos pengamanan lebaran baik oleh Satlantas Polres maupun Polsek jajaran tingkat kesadaran masyarakat cukup besar," terang Ipda Ardhi.

Reporter Hafiluddin Ahmad

Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter