Jalani PKKMB, Mahasiswa Baru Untag Surabaya Kenakan Pakaian Adat Nasional

Mahasiswa baru Untag Surabaya mengenakan pakaian nasional saat mengikuti PKKMB secara luring.

jatimnow.com - Sebanyak 2.999 mahasiswa baru Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2021/2022 secara hybrit (daring dan luring), di Gedung Graha Widya, Senin (30/8/2021) hingga Kamis (2/9/2021) mendatang.

Selain dilakukan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Sebelum melakukan prosesi pembukaan PKKMB, seluruh hadirin diwajibkan untuk melakukan swab antigen.

Ada hal baru dalam kegiatan tersebut yakni tujuh perwakilan mahasiswa baru, hadir secara luring dalam balutan busana nasional. Ini sekaligus menunjukkan Untag Surabaya adalah miniatur Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Mereka yang hadir, juga menandatangani Pakta Integritas yang berisi komitmen anti narkoba, anti plagiasi dan anti radikalisme bersama dengan jajaran Rektorat.

Dalam momen itu, mahasiswa baru disambut oleh Rektor Untag Surabaya-Prof. Dr. Mulyanto Nugroho. Melalui sambutannya, Prof Nugroho mengenalkan ciri khas Untag Surabaya yang tercermin dalam lima Basis Nilai Karakter: kebangsaan, kejujuran, kecerdasan, keberagaman dan kreativitas.

Ia berharap, dengan adanya PKKMB ini para mahasiswa baru dapat mengenal dengan bangga kampus merah putih yang menjunjung tinggi rasa nasionalisme.

“Tunjukkan prestasi untuk Untag Surabaya sehingga maju bersama. Mari bersinergi, gotong royong agar universitas kita harus unggul,” ujar Prof Mulyanto Nugroho.

Tema PKKMB kali ini ‘Untag Surabaya Tangguh Hadapi Pandemi, Selalu Meraih Prestasi’. Pada rangkaian acara, Untag Surabaya juga memberikan penghargaan kepada sembilan mahasiswa beprestasi.

"Harapannya untuk menjadikan contoh atau motivasi untuk mahasiswa baru yang telah mengikuti prosesi PKKMB secara virtual maupun secara langsung," urainya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Pelaksana PKKMB Dra. Ec. Ida Ayu Sri Brahmayanti, MM. Dia mengaku sangat setuju bahwa pandemi banyak berdampak pada kehidupan. Wakil dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini bersyukur atas capaian Kampus Merah Putih ini.

“Selama pandemi Untag Surabaya berkibar meraih prestasi terutama, salah satunya telah lahir Guru Besar di bidang Akuntansi. Selain itu sinergi sivitas akademika dalam meraih prestasi itu sangatlah penting," imbuh Ida Ayu.

Koordinator Acara PKKMB Untag Surabaya 2021 Karolin Rista menambahkan, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai materi yang menggambarkan nilai-nilai kebangsaan Kampus Merah Putih, seperti Wawasan Kebangsaan, Pendidikan Anti Penyalahgunaan Napza hingga Nilai Dasar Untag Surabaya.

Mahasiswa baru juga diberi materi mental health dan literasi digital yang baru diusung pada PKKMB tahun ini.

Loading...

“Anak muda harus tahu bagaimana bersikap pada dunia digital dan bersikap untuk memiliki kesehatan mental yang baik. Tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain,” jelas

Seluruh mahasiswa baru, lanjutnya, meski mengikuti kegiatan secara daring, mereka tetap diajak berkeliling Untag Surabaya melalui materi Jelajah Kampus secara virtual, sehingga tetap bisa mengenal bangunan kampus dan menjadi lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan.

“Karena situasi pandemi jadi banyak mahasiswa yang belum bisa langsung mengunjungi kampus. Kami sadar penuh situasi PKKMB itu sangat menyenangkan untuk maba. Kami ingin semangatnya dan gairahnya untuk menikmati situasi kampus baik lingkungan sosial dan fisik bisa dirasakan oleh maba," tandas Karolin.

Berita Terkait