Antisipasi Covid-19 Varian Mu, Screening Bandara Juanda Ditingkatkan

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Zain Ahmad

Ilustrasi aktivitas di Bandara Internasional Juanda (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Screening dan testing di Bandara Internasional Juanda dalam mencegah penyebaran Covid-19 varian Mu atau B.1.621 ditingkatkan di saat para Pekerja Migran Indonesia (PMI) banyak yang pulang ke Indonesia.

"Antisipasinya, prokes yang sudah berjalan selama ini tetap dilakukan. Dan untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang telah tervaksin, kami sediakan sentra vaksin yang bekerja sama dengan KKP untuk calon penumpang yang akan berangkat," kata Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda, Yuristo Ardi Hanggoro dalam keterangan tertulis, Senin (13/9/2021).

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebutkan PMI dari 26 provinsi mulai pulang ke kampung halaman melalui Bandara Juanda.

Saat ini tengah ada kemunculan varian baru Mu, maka yang perlu diperketat ialah screening dan testing bagi PMI yang tiba.

"Saya selalu pesan layani mereka (PMI) sebaik-baiknya. Tidak ada di antara mereka yang bebas dari Swab PCR," kata Khofifah, Minggu (12/9).

Bagi PMI yang terdeteksi positif Covid-19 akan menjalani isolasi di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI), Surabaya.

Sedangkan yang hasil swabnya negatif, tetap akan dikarantina selama delapan hari di eks Kantor BPWS. Dan saat ini, mulai ada gelombang PMI yang tiba.

"Kemarin misalnya datang 619 orang. Hari ini datang 350 orang. Kita biasa update data per jam 23.59 Wib. Kalau mereka itu kemudian delapan hari di satu titik, pasti akan lebih banyak yang kita layani. Semua tim harus semangat 45," tegasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter