Pilihan Pembaca: Macan Tutul Terekam Camera Trap hingga Tewas Terlindas Truk

Editor: Redaksi / Reporter:

Taman Nasional Alas Purwo.

jatimnow.com - Macan tutul terekam camera trap di Taman Nasional Alas Purwo, berada di urutan pertama pilihan pembaca pada Kamis (24/9/2021).

Di posisi kedua, pemotor tewas terlindas truk sampah di Surabaya. Sementara di urutan ketiga, tanggapi perseteruan Bupati Bojonegoro dan wakilnya, PKB turun tangan.

Redaksi merangkumnya sebagai berikut:

Macan Tutul Terekam Camera Trap di Taman Nasional Alas Purwo

Macan tutul (Panthera pardus) terekam camera trap yang dipasang Balai Besar Taman Nasional (TN) Alas Purwo, Banyuwangi. Satwa dilindungi tersebut melintasi kamera yang dipasang di sejumlah titik pengamatan.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo Probo Wresni Adji menjelaskan, sedikitnya ada 10 unit kamera yang dipasang sejak tahun 2016. Alat pemantau itu ditempatkan di Sait Pancur, Rowo Bendo, dan Sembulungan.

“Pada tahun 2020 kamera trap ditambah menjadi 34 unit. Dan tahun 2021 kamera trap sudah terpasang sebanyak 68 unit di lima klaster yang ditempatkan di barat, timur, utara, selatan dan tengah Alas Purwo,” ujar Probo.

Tak hanya macan tutul, kamera perekam juga berhasil menangkap gambar satwa lainnya.

Pemasangan kamera dilakukan satu tahun sekali dan diambil secara berjangka, yaitu pada bulan Oktober dan November.

“Hasil camera trap menangkap dan merekam gambar semua spesies hewan termasuk macan tutul. Kalau Harimau Jawa tidak pernah terekam, dan mungkin tidak ada," imbuh Probo.

Oleng hingga Terjatuh, Pemotor Tewas Terlindas Truk Sampah di Surabaya

Seorang pengendara motor (pemotor) tewas terlindas truk pengangkut sampah di Jalan Simo Kalangan sebelum putaran balik Pasar Asem - Simo Magersari, Sawahan, Surabaya, Kamis (23/9/2021).

Kecelakaan tersebut bermula dari motor Honda Beat bernopol L 6231 ZA yang dikendarai Sujarwo (37), warga Pondok Benowo Indah, Surabaya melaju di samping kanan truk sampah bernopol L 8416 UD dari arah timur ke barat.

"Di Jalan Simo Kalangan depan Bank BNI, pengendara motor mengalami oleng kemudian jatuh karena pengereman dan jalan yang licin akibat hujan," terang Kanit Laka Lantas Polrestabes Surabaya, Iptu Chairul Anwar saat dikonfirmasi.

Korban dan motornya lantas jatuh ke samping kanan, kemudian masuk ke dalam ban belakang truk sampah yang dikemudikan Akhmad Jainuri (38), warga Jabon, Sidoarjo. Hingga akhirnya korban terlindas dan tewas di lokasi kejadian.

Bupati Bojonegoro dan Wakilnya Berseteru, PKB Jatim Turun Tangan

Bendahara Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jatim, Fauzan Fuadi menyebut bahwa dirinya akan turun tangan menangani perseteruan antara Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanh dan Wakil Bupati (Wabup) Budi Irawanto.

"Saya akan segera turun ke Bojonegoro menemui keduanya," ucap Fauzan kepada jatimnow.com, Kamis (239/2021).

Fauzan menyayangkan adanya perseteruan yang terjadi antara pasangan kepala daerah yang diusung partainya tersebut. Dia mengaku kenal baik dengan Bupati Anna dan Wabup Wawan.

"Saya kenal baik dengan bupati, dengan mas wabup juga kenal baik. Sangat disayangkan kalau ada kejadian itu. Kebetulan ini daerah pemilihan saya (Bojonegoro-Tuban)," jelas dia.

Fauzan menyebut dirinya akan secepatnya berkomunikasi dengan Anna dan Wawan serta meminta klarifikasi untuk mengetahui duduk perkaranya.

"Segera saya akan telepon beliau berdua untuk mengonfirmasi duduk persoalan sebenarnya seperti apa," tegas dia.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter