jatimnow.com
Menikmati Sajian Kopi Kopyok Khas Gresik

Kopi Kopyok khas Gresik dari Aston Inn Gresik.

jatimnow.com - Selain dikenal sebagai Kota Santri, Kota Gresik juga dikenal sebagai Kota Seribu Warung Kopi.  Banyak warung berlomba menyajikan minuman hitam pekat olahan biji kopi dengan aneka kreasi dan penyajian.

Kopi Kopyok misalnya, meski disajikan layaknya kopi tubruk, menu satu ini juga digandrungi kaum milenial.

Tingginya animo masyarakat Gresik inilah yang kemudian menginspirasi Aston Inn Gresik untuk menghadirkan Kopi Kopyok menjadi salah satu kopi khas Gresik. Kopi ini identik dengan grind size coarse atau biji kopi yang digiling kasar.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Saat diseduh, bubuk kopi akan mengambang menjadi crema atau mahkota kopi yang menambah kenikmatan rasa. Metode seduh ini membuktikan jika biji kopi yang digunakan masih fresh.

Untuk menikmatinya, kopi harus diaduk dengan lembut lebih dulu. Cara ini untuk memunculkan rasa dan aroma kopi. Ini pula yang kemudian menjadi identitas melekat Kopi Kopyok, sekaligus pembeda dari seduhan kopi kebanyakan.

Kekhasan inilah yang ingin ditonjolkan oleh Manajemen Aston Inn Gresik untuk melengkapi menu andalan di Nira Coffee Lounge, Aston Inn Gresik.

“Membahas Gresik tidak akan pernah luput dari perkembangan budaya ngopi. Bahkan Gresik disebut juga sebagai Kota 1000 Warung Kopi. Sayangnya, orang-orang lebih familiar dengan kopi tubruk dan es kopi kekinian. Padahal di Gresik ini ada kopi khas yakni Kopi Kopyok. Ini yang kemudian menginspirasi kami untuk menyajikannya,” kata Paminta Nugraha, General Manager Aston Inn Gresik, Rabu (6/10/2021).

Paminta mengungkapkan, sejak disajikan pada September lalu Kopi Kopyok mendapat respon positif dari pelanggan. Bahkan kopi kopyok kini menjadi salah satu menu andalan baru di Nira Coffee Lounge.

Meski termasuk kategori kopi tradisional, kopi kopyok 100 persen menggunakan biji kopi robusta pilihan dan tanpa campuran pengental demi menjaga kualitas rasa.

“Dengan menampilkan menu-menu tradisional seperti Kopi Kopyok kami berharap bisa lebih mengenalkan kuliner khas Gresik ke khalayak luas,” tegasnya.

Loading...

Paminta menambahkan, jika penjualan kopi di Nira Coffee Lounge selama ini telah menunjang 20 persen pendapatan food and beverage hotel.

“Para tamu Aston Inn Gresik selama ini memang banyak yang suka ngopi,” pungkasnya.

Berita Terkait