Presiden Jokowi Groundbreaking Pembangunan Smelter di JIIPE Gresik

Presiden Jokowi bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani di Kawasan Ekonomi Khusus JIIPE Gresik (Foto: Istimewa)

jatimnow.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) yang berlokasi di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Selasa (12/10/2021).

Dalam kunjungan, Presiden Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

"Kita mendapatkan laporan bahwa smelter yang akan dibangun ini dengan desain single line ini terbesar di dunia karena mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun," kata Jokowi dalam sambutan di YouTube Sekretariat Presiden.

Berdasarkan data, Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik dibangun di lahan seluas 103 hektar dengan nilai investasi 3 miliar dollar Amerika atau Rp 42 Triliun.

Presiden berharap dengan dibangunnya smelter ini menjadi daya tarik industri lain untuk masuk agar menumbuhkan perekonomian di Indonesia.

"Saya berharap kehadiran PT Freeport Indonesia di kawasan ekonomi khusus di Gresik ini akan menjadi daya tarik bagi industri-industri lain untuk masuk ke sini khususnya industri turunan tembaga untuk ikut berinvestasi di sini," harap Jokowi.

Loading...

Berita Terkait