Turunkan Pajak 0,5%, Presiden Jokowi Berharap Pelaku UMKM 'Loncat'

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Presiden Joko Widodo saat berpidato dihadapan pengusaha UMKM di Surabaya

jatimnow.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan penurunan Pajak Penghasilan (PPh) final bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jatim Expo International Surabaya, Jumat (22/6/2018).

Jokowi menyatakan, perubahan Peraturan Pemerintah yang mulanya berlaku yaitu PP Nomor 46 Tahun 2013 menjadi PP Nomor 23 Tahun 2018 tentang PPh final bagi UMKM.

Kegiatan ini dihadiri oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Jatim Soekarwo, jajaran forkorpimda Jatim, perwakilan perbankan, dan kurang lebih 1500 pengusaha UMKM.

Jokowi menjelaskan bahwa keputusannya ini ia buat setelah mendengar keluhan-keluhan para pelaku usaha di desa-desa dan pasar-pasar saat ia melakukan sidak di berbagai daerah di Indonesia. Ia sering mendapatkan keluhan seperti pajak 1 persen buat umkm yang berat untuk pelaku usaha.

Jumlah yang diinginkan oleh pelaku usaha dengan angka 0,25 persen. Tak hanya berhenti pada satu sumber.

"Saya berulang kali mendapatkan laporan yang meminta penurunan jumlah pajak menjadi kisaran 0,5 hingga 0,25 persen. Orang-orang kalau diberi kesempatan pasti milihnya yang kecil," tuturnya.

Setelah mendapatkan keluhan-keluhan tersebut, ia langsung memerintahkan menteri keuangan dan para dirjen untuk menghitung ulang total penerimaan pajak dari UMKM.

"Dihitung-hitung ketemunya 0,5 persen. Sudah saya tanda tangani kemarin," ujarnya.

Peraturan ini akan diberlakukan secara efektif per 1 Juli 2018. Jokowi menggambarkan keinginannya terhadap perkembangan UMKM dengan kata 'loncat'.

Ia berharap, dengan adanya keringanan PPh ini, para pengusaha mikro dapat 'loncat' jadi pengusaha kecil. Lalu pengusaha kecil 'loncat' jadi pengusaha menengah. Begitu pula pengusaha menengah 'loncat' menjadi pengusaha besar.

"Jadi pajaknya sudah lebih ringan supaya pengusaha dapat berkembang lebih pesat," tandasnya.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto





Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter