jatimnow.com

PLN Dukung Pengembangan Desa Wisata di Trenggalek

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
PLN dukung pengembangan desa wisata di Trenggalek 🔍
PLN dukung pengembangan desa wisata di Trenggalek

Trenggalek - PLN UP3 Ponorogo mendukung pengembangan wisata di wilayah kerjanya. Salah satunya adalah mengembangkan Desa Wisata Tebing Lingga, Trenggalek.

"Ini kami lakukan sebagai wujud komitmen kehadiran dan kepekaan kami terhadap permasalahan lingkungan dan sosial masyarakat," ujar Manager PLN UP3 Ponorogo, Setiyawan, Selasa (30/11/2021).

Dia menyebut, dukungan itu diberikan dalam bentuk memfasilitasi warga lokal yang sedang mengembangkan wisata Tebing Lingga. Wisata yang terletak di kaki tebing lingga Desa Nglebo, Kecamatan Suruh, Kabupaten Trenggalek itu dulunya adalah bekas tambang batu.

Loading...

"Pokdarwis (kelompok sadar wisata) mengubahnya secara perlahan. Kami bantu memperbaikinya agar dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar," terang Setyawan.

Tentunya, lanjut dia, juga tetap menjaga keasrian tebing lingga. Sebab di sana terdapat banyak wahana yang dapat ditemukan, mulai glamping camp, camping ground, homestay, wahana anak, flying fox hingga rumah kreatif warga yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung.

"Biaya dari kami Rp 100 juta berupa pembangunan kamar mandi, taman, kolam ikan, tempat tiket masuk dan gapura branding lay out," terangnya.

Setiyawan mengungkapkan bahwa PLN senang dapat berpartisipasi dalam memajukan Desa Wisata Tebing Lingga.

"Semoga dengan adanya sinergi ini dapat memberikan efek yang positif bagi warga sekitar," tambah dia.

Untuk diketahui, Tebing Lingga bejarak 20 kilometer dari pusat kota Trenggalek. Sekitar Tahun 2000, wilayah ini menjadi pusat penambangan batu.

Akibat penambangan, alam di sekitar Tebing Lingga rusak. Sawah warga juga banyak yang hilang. Namun kini warga setempat mengubahnya menjadi salah satu satu destinasi wisata.

Loading...