jatimnow.com

RSU dr Soetomo Surabaya Pastikan Belum Rawat Pasien Omicron

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zain Ahmad
RSU dr Soetomo, Surabaya (Foto: Dok. jatimnow.com) 🔍
RSU dr Soetomo, Surabaya (Foto: Dok. jatimnow.com)

Surabaya - Rumah Sakit Umum (RSU) dr Soetomo Surabaya memastikan belum merawat satu pun pasien terinfeksi Covid-19 varian Omicron, meski dilaporkan dua warga Kota Pahlawan positif varian baru tersebut.

"Belum ada. Saat ini hanya tersisa beberapa pasien Covid-19 dengan gejala sedang. Semua pasien itu dipastikan tidak ada yang terjangkit varian Omicron," jelas Kepala Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dan Humas RSU dr Soetomo Surabaya, dr. Pesta Parulian kepada wartawan, Selasa (4/1/2022).

dr Pesta menyebut, per 2 Januari 2022, ada sisa empat pasien Covid-19 yang dirawat di RSU dr Soetomo. Dan empat pasien tersebut dipastikan tidak terjangkit varian Omicron. Bahkan pasien tersisa itu dalam kondisi yang baik.

"Kami ada empat pasien, tapi tidak Omicron. Kondisinya ringan. Tinggal tunggu (swab ulang), negatif lalu pulang," tegas dia.

Loading...

Terkait merebaknya varian Omicron, dr Pesta mengakui jika RSU dr Soetomo senantiasa waspada, sesuai dengan arahan Dirut dr. Joni Wahyuhadi.

"Kita semua waspada dengan Omicron di mana pun dia. Karena virus itu tidak terlihat. Harus tetap menjaga protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak dan tak lupa mencuci tangan," tuturnya.

Varian Omicron terdeteksi masuk ke Jatim pada 2 Januari 2022. Hal itu terkonfirmasi usai Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) mendapatkan hasil Whole Genomen Sequencing (WGS) pasien asal Surabaya dengan CT Value 26. Pasien itu diketahui sempat berlibur ke Bali selama 5 hari.

Loading...