jatimnow.com

Hipoi Karya Mahasiswa Undika, Rak Hidroponik Percantik Interior Rumah

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Mahasiswa S1 Desain Produk Universitas Dinamika, Muhammad Nizar dan rak hidroponik multifungsi ciptaannya (Foto: Humas Undika for jatimnow.com) 🔍
Mahasiswa S1 Desain Produk Universitas Dinamika, Muhammad Nizar dan rak hidroponik multifungsi ciptaannya (Foto: Humas Undika for jatimnow.com)

Surabaya - Mahasiswa S1 Desain Produk Universitas Dinamika (Undika), Muhammad Nizar membuat rak hidroponik multiguna. Inovasi yang diberi nama Hipoi ini juga bisa berfungsi untuk mempercantik interior rumah.

"Selain itu, Hipoi bermanfaat untuk menciptakan lingkungan rumah semakin asri," kata Nizar yang merupakan mahasiswa semester 7, Senin (10/1/2022).

Nizar menjelaskan Hipoi memiliki ukuran tinggi 170 Cm dan lebar 60 Cm dilengkapi dengan empat susun rak. Dengan formasi rak 1 hingga 3 digunakan untuk meletakkan tanaman hidroponik. Sedangkan satu rak paling bawah untuk mesinnya.

Loading...

"Hipoi ini hanya diperuntukkan untuk sayuran, karena ukuran tiap raknya hanya kurang lebih 50 Cm," ungkapnya.

Nizar menyampaikan konsep inovasi ini menggunakan teknologi grow light sebagai pengganti sinar matahari. Jadi menggunakan listrik untuk proses perawatan tanamannya, sehingga sangat memungkinkan untuk diletakkan di dalam rumah.

“Hipoi ini sistem perairannya beda dari yang lain. Saya memasang tandon pada rak paling bawah dan memasang selang dari atas ke bawah dan sebaliknya, jadi tersambung semua,” kata dia.

Jadi air akan berputar sampai habis diserap oleh tanaman, kata Nizar, sehingga tidak ada air yang terbuang sia-sia selama proses penanaman hidroponik ini.

Inovasi yang dibuatnya ini membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu dengan biaya Rp2.440.000. Adapun komponen yang digunakan yakni multiplex, HPL, grow light, tandon air, bak hidroponik, selang, pompa ikan, kabel, pot hidroponik dan tanamannya.

“Kebetulan yang saya tanam ini adalah pakcoy yang masa panennya adalah satu bulan,” kata dia,

Menurutnya Hipoi ini sangat cocok untuk masyarakat yang menginginkan bercocok tanam di rumah, apalagi yang ingin memberikan hiasan dalam rumah.

"Karena Hipoi ini bisa menambah estetika dalam ruangan. Ruangannya lebih sehat karena ada tumbuhan. Saya berharap inovasi ini bisa diterima dan lebih berguna pada rumah dan menghasilkan produk sayuran yang lebih bagus juga," bebernya.

Inovasi ini pun telah mendapatkan penghargaan dari Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) pada Indonesia Industrial Design Student Awards yang masuk dalam kategori Good Design.