Pixel Code jatimnow.com

Musda Demokrat Jatim, Pengamat: Menggambarkan Kedewasaan Emil-Bayu

Editor : Arina Pramudita Reporter : Jajeli Rois
Emil Elestianto Dardak dan Bayu Airlangga saat Musda VI di Surabaya. (Foto: Demokrat Jatim for jatimnow.com)
Emil Elestianto Dardak dan Bayu Airlangga saat Musda VI di Surabaya. (Foto: Demokrat Jatim for jatimnow.com)

Surabaya - Musyawarah Daerah (Musda) VI Partai Demokrat Jawa Timur menetapkan nama Emil Elestianto Dardak dan Bayu Airlangga, dua tokoh milenial untuk menjadi calon ketua DPD PD Jatim. Pengamat politik Sufiyanto menilai, kedua tokoh muda itu menunjukkan kematangan berpolitik.

"Pelaksanaan Musda kemarin menggambarkan kedewasaan Emil dan Bayu serta pendukungnya masing-masing dalam berkompetisi," ujar Pengamat Politik Sufiyanto, Jumat (21/1/2022).

Baca juga:

Banner Morula IVF Landscape

Sufiyanto menambahkan, kubu Emil maupun Bayu saling bersaing dengan menjaga kesantunan serta kondusivitas yang khas di tubuh Partai Demokrat.

"Tidak banyak partai politik dan politisi yang bisa seperti ini," tutur Sufiyanto tanpa bermaksud menyindir parpol lainnya.

Sufiyanto yang juga Direktur Republic Institute ini menambahkan, tampilan Partai Demokrat Jawa Timur jika dilihat pada Musda kemarin, luar biasa. Kepemimpinan milenial dengan menghadirkan cara berorganisasi yang baik.

"Legacy politik pada Musda kemarin ini saya kira akan menjadi legacy tersendiri bagi Partai Demokrat. Bagaimana kontestasi politik tetap berlangsung dengan segala dinamikanya, tapi organisasi tetap solid," katanya.

"Ledek-ledekan politik yang muncul mungkin terdengar keras bagi orang lain. Tapi itulah khas Jawa Timur-an. Ibarat rujak cingur, kalau nggak pedas, kurang asyik," tambahnya.

Mantan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur ini menambahkan, duet milenial Emil-Bayu (sebagai Plt Ketua DPD dan Sekretaris DPD PD Jatim) telah berhasil menuntaskan periode kepengurusan Soekarwo-Renville Antonio (2016-2021) dengan baik.

"Demokrat Jatim terbukti solid, dari kepemimpinan Pakde Karwo, kemudian digantikan Plt Mas Renville, terus dilanjutkan Mas Emil sebagai Plt Ketua dan Mas Bayu sebagai Plt Sekretaris. Terbukti duet Emil-Bayu sukses menyelesaikan kepemimpinan mereka dengan baik dan Musda berjalan kondusif," ujarnya.

Loading...

Sufiyanto optimistis partai berlambang bintang mercy ini memiliki masa depan politik yang cerah di Jatim, maupun di level nasional.

"Partai ini punya masa depan, partai ini sangat cerdas dan solid. Emil-Bayu sebagai generasi milenial menunjukkan kualitas kepemimpinan yang jempolan," jelasnya.

Loading...