Sebelum Nyoblos, Cawagub Emil Ritual Sungkeman ke Orangtua

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Khofifah-Emil

jatimnow.com - Cawagub Emil Elestianto Dardak dan istrinya Arumi Bachsin melakukan ritual sungkeman ke orang tua dan ziarah makam keluarga eyangnya sebelum menggunakan hak pilih "mencoblos" di tempat pemungutan suara (TPS) 06, Kelurahan Ngantru, Trenggalek, Jawa Timur.

Kompak mengenakan setelan hitam putih, Emil yang masih menjabat sebagai Bupati Trenggalek ini mengawali rangkaian kegiatan menjelang coblosan dengan meminta restu ke kedua orang tuanya, Hermanto Dardak dan Sri Widayanti juga sang paman yang setia mendampingi, Zainal Abidin.

Kegiatan sungkeman dilakukan di rumah keluarga di jalan Wachid Hasyim No. 10, Kelurahan Ngantru, Trenggalek sebelum dilanjutkan dengan berziarah ke makam eyang dan buyut Emil di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Setono Bagong, Kelurahan Ngantru.

"Sebelum saya melakukan pencoblosan, terlebih dahulu saya ziarah ke makam eyang sebagai ritual memohon restu," kata Emil dikonfirmasi di sela kegiatan jelang coblosan, Rabu (27/6/2018).

Di lokasi makam kakeknya Mochammad Dardak dan eyang putri serta buyut, Emil melakukan ritual tabur bunga dan berdoa.

"Sudah menjadi tradisi sejak dahulu bahwa saya selalu sungkem sebelum berangkat (pencoblosan). Ketika pilkada lalu, saya juga sungkem sebelum berangkat," ucap Emil Dardak.

Turut serta dalam acara ziarah itu kedua orang tuanya, Hermanto Dardak dan ibu, Sri Widayanti serta sang paman Zainal Abidin yang membantu memimpin doa.

"Saya berdoa di makam eyang saya, karena beliau juga mempunyai nilai sejarah pembangunan di Trenggalek, eyang saya termasuk pendiri Masjid Agung Trenggalek, dan menjadi imam masjid kala itu," ungkap Emil Dardak.

Kemudian, setelah ziarah makam usai, Emil Dardak kembali ke rumahnya yang berada di jalan Wahid Hasim kabupaten Trenggalek, Jawa Timur untuk menerima tamu dari perwakilan KPPS Ngantru.

Emil dan istri, Arumi Bachsin sebelumnya terdaftar di TPS 03 Kelurahan Surondakan, Trenggalek.

Namun, menjelang coblosan Emil memilih pindah lokasi penyaluran hak suaranya bersama sang istri di TPS 05 Kelurahan Ngantru.

"Saya putuskan untuk pindah lokasi coblosan karena kami berangkat dari rumah keluarga di Jalan Wachid Hasyim, Kelurahan Ngantru. Kalau kemarin kan terdaftarnya karena saya tercatat tinggal di rumah dinas (bupati). Tapi saya pikir akan lebih afdol jika saya berangkat dari rumah keluarga eyang di sini daripada dari rumah dinas. Supaya tetap netral ya," tutur Emil.

Sumber: Antara

Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter