Ditemukan Pemilih 'Siluman', Satu TPS di Blitar Nyoblos Ulang

Editor: / Reporter: CF Glorian

KPU Kota Blitar.

jatimnow.com - KPU Kota Blitar memastikan TPS 8 Kepanjelor, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar bakal dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Ini setelah KPU menemukan ada 12 pemilih 'siluman' bukan DPT diizinkan mencoblos di TPS 8.

Keputusan PSU ini dilakukan setelah melalui mekanisme yang telah direkomendasikan oleh Panwaslu kepada KPU Kota Blitar. Pelaksanaan PSU akan dilakukan Minggu (01/07/2018) mendatang.

"Ada beberapa hal yang sudah direkomendasikan oleh Panwascam juga kepada KPU (Kota Blitar) bahwa ada beberapa orang yang bukan DPT diizinkan mencoblos di TPS 8 Kepanjelor," kata Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Teknis, Mashudi, Jumat (29/07/2018).

Ia menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mencoblos di TPS yang bukan asalnya wajib membawa form A5 sebagai pemilih pindahan.

Berdasarkan PKPU No. 8 tahun 2018 tentang pemungutan dan penghitungan suara, PSU dilaksanakan maksimal empat hari setelah pencoblosan.

"Dan sesuai PKPU Nomor 8 (2018) itu, bila ada orang lebih dari satu yang mencoblos diluar DPT maka harus dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU)," ungkapnya.

KPU Kota Blitar rencananya akan rapat dengan instansi terkait seperti pemerintah, aparat keamanan dan Panwaslu soal pemungutan suara ulang tersebut.

KPU Kota Blitar kini sedang mengajukan logistik ke KPU Provinsi Jawa Timur.

"Ini adalah sebuah tahapan yang umum. Kesalahannya ada di petugas KPPS dan PTPS," pungkasnya.

Reporter: CF Glorian

Editor: Erwin Yohanes

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter