Pixel Code jatimnow.com

Grup Naggher, Ajang Silaturahmi dan Beramal Warga Bawean

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Sahlul Fahmi
Warga Dusun Naggher Bawean saat menerima hadiah mukenah dari warga Malaysia (Foto: Dok. Warga Bawean for jatimnow.com)
Warga Dusun Naggher Bawean saat menerima hadiah mukenah dari warga Malaysia (Foto: Dok. Warga Bawean for jatimnow.com)

Gresik - Masyarakat Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, dikenal memiliki ikatan persaudaraan kuat. Meski banyak yang merantau hingga menjadi warga Malaysia, silaturahmi di antara mereka tetap terjaga dengan baik. Silaturahmi antar-warga Bawean kian terjaga dengan kehadiran teknologi komunikasi seperti WhatsApp dan media sosial lainnya. Sehingga mempermudah mereka untuk saling memberi kabar dan informasi baik dari Bawean, Malaysia atau Singapura.

Kepala Desa Sukaoneng Abdul Hayyi mengatakan, kini warganya bisa tetap menjalin silaturahmi yang baik berkat adanya grup media sosial. Salah satunya adalah grup "Naggher Saudara" yang dibuat warga Dusun Naggher, Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak, Bawean.

“Di dalam grup Naggher Saudara anggotanya sekitar 350 orang. Terdiri dari warga Malaysia dan Singapura keturunan Bawean ada 225 orang. Sementara sisanya adalah warga Bawean,” kata Abdul Hayyi, Rabu (9/3/2022).

Banner Morula IVF Landscape

Grup Naggher Saudara dibuat pada 2021. Hingga kini, grup tersebut telah banyak membawa manfaat bagi warga. Selain untuk bersilaturrahmi dan berbagi informasi, grup juga menjadi media amal bagi warga.

Terbaru, Matariyah Bin Asyik, seorang warga Malaysia keturunan Bawean memberikan hadiah berupa puluhan mukenah bagi warga Dusun Naggher, Desa Sukaoneng. “Ada hadiah mukena bagi warga Dusun Naggher dari salah satu warga di Malaysia. Katanya untuk dipakai warga saat bulan Ramadan,” ucapnya.

Sebelumnya juga banyak bantuan dari Negeri Jiran untuk warga Bawean melalui grup media sosial Naggher Bersaudara. "Tak hanya pakaian, sebelumnya juga ada bantuan dari warga Malaysia dan Sungapura untuk pembangunan musala, air bersih hingga sanitasi jamban,” ujar Hayyi.

Loading...
Loading...