Gunung Agung di Bali Erupsi

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Erupsi di Gunung Agung Bali

jatimnow.com - Gunung Agung di Bali mengalami erupsi pada pukul 21:04 Wita, Senin (2/7/2018). Foto dan video yang beredar menggambarkan letusan yang dahsyat.

Dari pantauan di situs resmi ESDM pada pukul 21.40 WIB beluk ada pengumuman resmi. Namun, berdasarkan Laporan Kebencanaan Geologi 2 Juli 2018 (06:00 Wib), dari kemarin hingga pagi tadi, secara visual cuaca cerah hingga berawan, angin lemah ke arah barat.

Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati emisi gas berwarna putih  dengan intensitas tipis. Tinggi kolom asap sekitar 1500 meter dari atas puncak kawah.

Angin bertiup lemah ke arah barat. Teramati erupsi 3 kali berturut-turut pada 2 Juli 2018 pukul 06:19 WITA, 06:41 WITA dan 06:55 WITA dengan ketinggian masing-masing 2000 m, 1000 m dan 700 m di atas puncak.

Gempa Letusan terekam tiga kali berturut-turut pada pukul 06:19 WITA, 06:41 WITA dan 06:55 WITA.

PVMBG dan Pos Pengamatan Gunungapi Agung merekomendasi bahwa masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan yang paling aktual/terbaru.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak.

Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Status Level III (Siaga) hanya berlaku di dalam radius 4 km seperti tersebut di atas, di luar area tersebut aktivitas dapat berjalan normal dan masih tetap aman, namun harus tetap menjaga kewaspadaan.

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Arif Ardianto

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter