Pixel Codejatimnow.com

Ning Ita Siap Kawal Instruksi Presiden Soal Afirmasi Bangga Buatan Indonesia

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Achmad Supriyadi
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) saat menghadiri Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Melalui Afirmasi Penggunaan Produk Dalam Negeri di Bali (Foto-foto: Diskominfo Kota Mojokerto for jatimnow.com)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) saat menghadiri Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Melalui Afirmasi Penggunaan Produk Dalam Negeri di Bali (Foto-foto: Diskominfo Kota Mojokerto for jatimnow.com)

jatimnow.com - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) hadir dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Melalui Afirmasi Penggunaan Produk Dalam Negeri, yang bertempat di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali.

Ning Ita mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi kepada seluruh kepala daerah se Indonesia untuk bangga buatan Indonesia.

"Sesuai petunjuk Pak Presiden barusan, dalam Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) wajib mengutamakan pembelian pengadaan produk dalam negeri (PDN) dan mendorong alokasi paling sedikit 40 persen dari nilai anggaran belanja barang dan jasa yang dikelola dalam APBD Kota Mojokerto digunakan untuk produk UMKM lokal dan koperasi," jelas Ning Ita dalam siaran pers yang diterima jatimnow.com, Jumat (25/3/2022).

Walikota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini menambahkan, presiden juga meminta seluruh kepala daerah untuk mendorong UMKM lokal yang ada di daerah agar segera didaftarkan e-katalog LKPP maupun e katalog lokal.

"Sehingga bisa mempercepat proses PBJ tersebut yang di-deadline nasional sebesar Rp 400 triliun sampai dengan akhir Mei dan ini akan diawasi langsung oleh Bapak Presiden," terangnya.

Baca juga:
Kota Mojokerto Waspadai Cuaca Ekstrem, Ini Pesan Pj Wali Kota Ali Kuncoro

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) saat menghadiri Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Melalui Afirmasi Penggunaan Produk Dalam Negeri di BaliWali Kota Mojokerto Ika Puspitasari (Ning Ita) saat menghadiri Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Melalui Afirmasi Penggunaan Produk Dalam Negeri di Bali

Disinggung aksi afirmasi bangga buatan Indonesia di Pemkot Mojokerto, Ning Ita mengaku telah mengimplementasikan sebesar 56 persen APBD untuk PDN.

"Artinya kita tinggal mengawal saja dalam proses pengadaanya. Nanti itu harus benar-benar realisasi sebesar prosentase tersebut. Saya pun sesuai instruksi presiden akan mengawal secara langsung di dalam proses dan pelaksanaanya di seluruh OPD pemangku anggaran," tegasnya.

Baca juga:
Pemkot Mojokerto Raih Penghargaan Peduli Ketahanan Pangan 2023, Ning Ita Beri Pesan Begini

Ning Ita menambahkan, pihaknya juga sudah mengikuti instruksi Presiden untuk membuat SK Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (TP3DN) serta SK Tim verifikatornya.

"Tim ini nantinya yang akan mendorong alokasi paling sedikit 40 persen dari nilai anggaran belanja barang dan jasa yang dikelola APBD Kota Mojokerto digunakan untuk produk usaha kecil dan koperasi," pungkasnya.