Abu Vulkanik Gunung Agung di Bali Mengarah ke Banyuwangi

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Prakirawan BMKG Banyuwangi, Ibnu Haryo menunjukkan pergerakan abu vulkanik

jatimnow.com - Pasca terjadinya erupsi Gunung Agung, Senin (2/7/2018) sekitar pukul 21.04 WITA, abu vulkanik Gunung Agung mulai memasuki wilayah udara Banyuwangi terpantau sejak pukul 00.00 WIB.

Berdasarkan keterangan yang digali dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Banyuwangi (BMKG) menyebutkan, pergerakan abu vulkanik dari pantauan Satelit Himawari berada di kawasan udara Kabupaten Negara, Bali sekitar pukul 22.00 WIB.

Sekitar pukul 00.00 WIB hingga 00.30 WIB pergerakan abu vulkanik dengan kecepatan ringan mulai bergerak ke arah barat daya dari Pulau Bali.

Prakirawan BMKG Banyuwangi, Ibnu Haryo mengatakan, sekitar pukul 07.00 WIB pergerakan abu vulkanik telah memasuki wilayah udara Kecamatan Kalibaru yang berbatasan dengan Kabupaten Jember.

"Pagi tadi sebaran abu vulkanik terpantau melewati wilayah Kalibaru dengan ketinggian 17.000 feet (kaki) mengarah ke barat dan barat daya. Kecepatan anginnya berkisar antara 10-25 Knot," paparnya di kantor BMKG Banyuwangi, Selasa (3/7/2018).

Kondisi atau keberadaan sebaran abu vulkanik yang berasal dari Gunung Agung di Bali itu, lanjut Ibnu, belum sampai mempengaruhi penerbangan udara di Banyuwangi.

"Untuk lalu lintas udara Banyuwangi dari pantauan kami masih terpantau normal," ujarnya.

Meski demikian, warga Banyuwangi sempat merasakan guyuran hujan abu sejak Selasa (3/7/2018) dinihari. Namun, pagi ini abu sudah tidak lagi dirasakan mengguyur Banyuwangi.

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter