Pixel Codejatimnow.com

Truk Bermuatan Telur Infertil Diamankan di Mojokerto

Editor : Arina Pramudita  Reporter : Achmad Supriyadi
Truk bermuatan telur infertil yang diamankan Polres Mojokerto Kota. (Foto: Nor for jatimnow.com)
Truk bermuatan telur infertil yang diamankan Polres Mojokerto Kota. (Foto: Nor for jatimnow.com)

Mojokerto - Truk bernopol S 8322 JG yang bermuatan telur infertil disita di Polres Mojokerto Kota, Kamis (7/4/2022). Truk itu diamankan di depan Pabrik Ajinomoto di Jalan Raya Mlirip, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto berkat laporan masyarakat kepada kepolisian.

Namun pihak Polres Mojokerto belum bersedia dikonfirmasi terkait penahanan truk dengan muatan telur busuk tersebut.

Saat awak media mendekati truk berwarna kuning itu, bau tidak sedap langsung menyengat dari tumpukan telur yang ditutupi terpal tersebut.

"Masih di lab (laboratorium) dan BPOM," ungkap sumber internal.

Baca juga:
Peternak Ayam di Kota Batu Berharap Pemerintah Melek Peredaran Telur Infertil

Sementara itu, Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Dinas Pangan dan Perikanan (Dispari) Kabupaten Mojokerto, Rofi Roza mengatakan, telur infertil itu dikenal di pasaran dengan hatched egg (HE) atau telur busuk, dan dalam pemantauan satgas pangan.

"Pas puasa begini biasanya (telur HE) keluar, karena ada celah cuan (untung). Sangat mungkin terjadi. Makanya saya sosialisasikan, barangkali ada yang tahu, bisa langsung lapor ke kami untuk kami liat bersama satgas pangan," terangnya.

Baca juga:
Truk Bermuatan 2,4 Ton Telur Infertil di Mojokerto, 1 Orang Ditetapkan Tersangka

Ia menambahkan, pada tahun 2021, telur infertil pernah dijual di beberapa titik, salah satunya di wilayah Mojosari. Bahkan beberapa kawasan sudah masuk dalam pantauan Dispari Kabupaten Mojokerto.

"Berhubung telur itu infertil, tidak subur, tapi sudah ada bibit untuk jadi anak ayam, tidak bisa menetas, harusnya dibuang. Tapi, ada oknum yang menangkap peluang cuan, kadang dijual lebih murah, kadang dicampur dengan telur konsumsi. Produk telur HE cukup banyak karena breeding, perusahaan skala besar," pungkasnya.