Pixel Code jatimnow.com

Ramadan Now

Lezatnya Berbuka Puasa dengan Bandeng Bakar Bungkus Daun Pisang

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Sahlul Fahmi
Bandeng bakar bungkus daun pisang. (Foto-foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)
Bandeng bakar bungkus daun pisang. (Foto-foto: Sahlul Fahmi/jatimnow.com)

Gresik - Bagi masyarakat Gresik menu bandeng sekaan telah menjadi masakan harian. Wajar sebab Gresik dikenal sebagai salah satu daerah penghasil bandeng terbesar di Jawa Timur.

Masyarakat Gresik memiliki beragam resep olahan tentang bandeng. Salah satunya adalah bandeng bakar bungkus daun pisang, yang terdapat di warung Godong Gedang Gresik.

Bandeng bakar bungkus daun pisang ini, merupakan menu andalan di bulan Ramadan di warung yang berlokasi di Jalan Graha Bunder Asri, Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Banner Morula IVF Landscape

Menurut pemilik warung Godong Gedang, Hilal, daun pisang menjadi salah satu bagian penting dalam proses pembuatan ikan bakar di warungnya.

Pria kelahiran Pulau Bawean ini menjelaskan, penggunaan daun pisang juga berfungsi sebagai pelindung ikan dengan arang sehingga saat dikonsumsi kondisinya tetap higienis.

"Selain daun pisang, yang lebih spesial lagi ialah ikan yang hendak dibakar lebih dulu diolesi bumbu khas Pulau Bawean," kata Hilal, Rabu (13/4/2022).

Hilal melanjutkan, khusus penikmat kuliner yang menyukai rasa pedas, jangan khawatir, sebab menu bandeng bakar ini disajikan juga sambel uleg khas Pulau Bawean dengan tingkat kepedasan tinggi.

"Bandeng bakar ini masuk daftar best seller di warung kami. Bandeng yang kami sajikan tanpa duri, jadi lebih musa saat dikonsumsi," beber Hilal.

Loading...

Sedang masalah harga juga dinilai rasional yakni Rp39 ribu per porsi. Selain bandeng bakar, di tempat ini juga tersedia menu ikan bakar lainnya serta ayam bakar dan camilan koncok-koncok khas Bawean.

Loading...