Pixel Code jatimnow.com

Pelaku Spesialis Pecah Kaca Truk asal Madura Dibekuk di Pasuruan

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Moch Rois
Polisi mengecek kondisi truk yang dipecah kacanya oleh pelaku. (Foto: Polsek Beji for jatimnow.com)
Polisi mengecek kondisi truk yang dipecah kacanya oleh pelaku. (Foto: Polsek Beji for jatimnow.com)

Pasuruan - Unit Reskrim Polsek Beji, Polres Pasuruan, mengamankan seorang pelaku sepesialis pecah kaca truk di Jalan Raya Surabaya-Probolinggo, Dusun Gondanglegi, Desa Canakringmalang, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

Identitas pelaku yakni, Umar Rahmat (53), warga Pesisir Barat, Desa Darma Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.

"Pelaku kita amankan karena terbukti melakukan pencurian modus pecah kaca," jelas Kanit Reskrim Polsek Beji, AKP Suparlan, Senin (8/4/2022).

Diterangkan, peristiwa penangkapan itu terjadi pada Sabtu (16/4). Korban yang bernama Deni Hariyanto (34), awalnya meninggalkan kendaraan truk trontonnya di pinggir jalan untuk pulang ke rumah pada pukul 08.00 WIB.

Sekitar pukul 10.00 WIB, korban yang kembali ke kendaraannya melihat seorang lelaki yang tidak dikenal keluar dari dalam kabin kendaraan truk yang diparkirnya, sambil membawa sesuatu yang terbungkus tas plastik warna hitam. Di sisi lelaki itu, ada seorang lagi yang menumpangi sepeda motor.

Baca juga:
Ditinggal Lihat Fortuner di Showroom, Mobil Dibobol Bandit Pecah Kaca

Korban yang curiga pun sontak meneriakinya maling berkali-kali, sambil mengejar pelaku.

"Melihat itu, warga langsung bergerak melakukan penyergapan. Namun hanya satu pelaku yang berhasil tertangkap. Sedangkan satu pelaku lagi berhasil kabur dengan mengendarai motor," ungkapnya.

Di hadapan penyidik, Umar mengaku kawannya yang kabur berinisial A. Ia menerangkan, sebelumnya melakukan aksinya saat itu ia bersama kawannya berboncengan keliling mencari sasaran, hingga menyasar truk korban.

Baca juga:
Bandit Spesialis Pecah Kaca Mobil Parkir di Mal Diringkus, Beraksi 12 TKP

Umar kemudian memecahkan kaca dengan obeng. Selanjutnya masuk ke dalam kabin dan melepas speedo meter dari dashboard dan membungkusnya dengan tas plastik. Sementara peran A, mengawasi lokasi pencurian.

"Sebelumnya sekitar dua bulan yang lalu kedua orang tersangka telah melakukan pencurian 3 kali di wilayah Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yakni di sekitar Apollo sebanyak 1 kali, depan PT Wika sebanyak 2 kali dan depan Soto Jalan Embong Miring Kejapanan sebanyak 1 kali," tandasnya.