Pixel Code jatimnow.com

Bandit Spesialis Pecah Kaca Mobil Parkir di Mal Diringkus, Beraksi 12 TKP

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Tersangka diamankan polisi. (Foto: Satreskrim Polrestabes Surabaya)
Tersangka diamankan polisi. (Foto: Satreskrim Polrestabes Surabaya)

jatimnow.com - Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya menangkap bandit spesialis pencuri barang berharga dengan motif pecah kaca mobil, yang kerap beraksi di parkiran mal di kota-kota besar di Jatim.

Pelaku bernama Koirul Jumali (50) Jalan Kenongosari, Kelurahan Pepelegi, Kecamatan Waru, Sidoarjo. Ia telah beraksi di 12 TKP di parkiran mall yang berada di kota Surabaya dan Sidoarjo.

Pria yang kesehariannya bekerja sebagai sopir freelance, itu ditangkap Unit Resmob yang dipimpin Kanit AKP Zainul Abidin, di parkiran Royal Plaza Surabaya, sekitar pukul 15.00 WIB, Minggu (15/1/2023).

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana menjelaskan pelaku berhasil ditangkap ketika pihaknya mendapatkan 3 kali laporan dari pengelola Royal Plaza atas adanya pengunjung yang kehilangan barang berharga dari dalam mobilnya yang saat itu terparkir di mal tersebut.

Berbekal laporan tersebut tim Opsnal Resmob melakukan olah TKP mengumpulkan bukti-bukti serta menganalisa CCTV. Kemudian pada sekitar pukul 11.30 WIB, Minggu (15/1/2023), tim kembali mendapatkan informasi bahwa pelaku kembali masuk ke dalam parkiran Royal Plaza Surabaya.

"Selanjutnya setelah dilakukan pembuntutan kemudian sekitar pukul 15.00 WIB, KJ berhasil diamankan di parkiran Royal Plaza Surabaya. Dan saat ini pelaku beserta barang bukti hasil curiannya digelandang ke Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut," bebernya.

Alumni Akpol tahun 2004 ini menambahkan saat beraksi pelaku bersama salah satu temannya berinisial AGW yang saat ini sedang dalam pengejaran.

Baca juga:
Ditinggal Lihat Fortuner di Showroom, Mobil Dibobol Bandit Pecah Kaca

"Pelaku KJ merupakan residivis pemalsuan surat tahun 2013 lalu. Dan ketika beraksi dia sebagai eksekutor, pencongkel pintu mobil. Sedangkan temannya AGW (DPO) terkadang berperan sebagai joki/driver mobil, dan yang menjual barang hasil kejahatan," ungkapnya.

Mirzal mengatakan ketika beraksi mereka bermodus berkeliling menggunakan sarana mobil Kijang Innova yang telah dilengkapi dengan plat nomor palsu untuk mencari sasaran.

Mobil yang digunakan tersangka untuk beraksi. (Foto: Satreskrim Polrestabes Surabaya)Mobil yang digunakan tersangka untuk beraksi. (Foto: Satreskrim Polrestabes Surabaya)

"Setelah mendapatkan sasaran, kemudian mereka memarkirkan mobilnya bersampingan dengan target mobil yang di dalamnya terdapat barang yang ditinggal oleh pemiliknya. Kemudian mereka merusak pintu mobil dengan menggunkan kunci T apabila alarm tidak berbunyi maka mereka segera bergegas mengambil barang-barang yang ada di dalam mobil tersebut kemudian kabur keluar parkiran," urainya.

Baca juga:
Waspada! Pecah Kaca Mobil Kambuh Lagi di Surabaya, Satu Pelaku Ditangkap

Selain menangkap pelaku, polisi juga berhasil menyita puluhan barang bukti baik yang digunakan untuk sarana dan barang yang berhasil dicurinya.

Barang bukti tersebut diantaranya 1 mobil Kijang Innova, 3 buah plat nopol palsu, 1 set kunci T, beberapa tas hasil curian dari beberapa TKP. Barang bukti itu merupakan sarana yang biasanya digunakan pelaku saat beraksi.

"Sedangkan hasil barang curian yang berhasil kita sita diantaranya 1 unit laptop merk Lenovo warna silver, 2 karton cat rambut dan sebuah ponsel Samsung," pungkasnya.