Pixel Code jatimnow.com

Nyaru Jadi Petugas PLN, Warga Diwek Jombang Nekat Curi Kabel Listrik

Editor : Arina Pramudita Reporter : Elok Aprianto
Tersangka saat diamankan polisi di Polsek Diwek, beserta barang bukti kejahatannya. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Tersangka saat diamankan polisi di Polsek Diwek, beserta barang bukti kejahatannya. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Jombang - Berpura-pura sebagai petugas PLN, Mustiono (43) warga Desa Bendet, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, nekat mencuri kabel listrik di Dusun Kawur, Desa Keras Kecamatan Diwek.

Modus mengelabui warga setempat ini justru diketahui langsung oleh petugas PLN yang kebetulan berada di lokasi kejadian.

Kapolsek Diwek AKP Dwi Basuki menjelaskan, pelaku diamankan Unit Reskrim Polsek Diwek, Senin (18/4/2022) malam. Saat itu, Mustiono tertangkap basah sedang memotong dan mencuri kabel.

Banner Morula IVF Landscape

“Pelaku tertangkap basah petugas PLN dan diserahkan ke Mapolsek Diwek, pemeriksaan lanjutan masih dilakukan,” terang Basuki, Selasa (19/4/2022).

Penangkapan tersangka bermula saat ia beraksi di Dusun Kawur, Senin sore. Dia yang mengenakan seragam PLN, menuju ke sebuah tiang listrik di depan rumah warga dan memanjat dengan tangga slider dan melakukan pemotongan kabel.

“Tersangka ini menggunakan parang untuk memotong kabel TR 3 ini,” jelas Basuki.

“Dia tertangkap salah satu petugas PLN yang sedang berada di lokasi itu, saat itu dia sudah memotong kabel grounding sepanjang tujuh meter,” tambahnya.

Menurut pengakuan tersangka, dia nekat mencuri kabel karena kebutuhan ekonomi. Dari tangannya, disita tiga rol kabel grounding sepanjang 7 meter, sebuah pipa pelindung grounding, tangga sliding, parang, karung, serta kaos berlogo PLN yang digunakannya menyamar.

“Kami juga mengamankan sepeda motor Honda Beat nopol S 2862 ZQ yang jadi sarana aksi pelaku,” tegas Basuki.

Berdasarkan pengakuan tersangka, pencurian kabel sudah dilakukan beberapa kali di Kabupaten Jombang, seperti di Desa Kayangan Kecamatan Diwek; Dusun Bongsorejo, Desa Grogol, Kecamatan Diwek; dan Desa Sukopinggir, Kecamatan Gudo.

"Tersangka ini juga ternyata adalah residivis dalam kasus yang sama beberapa tahun lalu, namun kembali mengulangi perbuatannya,” tukas Basuki.

Loading...

Atas perbuatannya, Mustiono dijerat pasal 363 KUHP tentang pencuran dengan pemberatan (curat).

BB pencurian kabel PLN di Kecamatan Diwek, Jombang.BB pencurian kabel PLN di Kecamatan Diwek, Jombang.

Loading...