Pixel Code jatimnow.com

Alim Markus Beri Kuliah Umum di UK Petra, Ini yang Disampaikan

Editor : Arina Pramudita Reporter : Farizal Tito
Presiden Direktur Maspion Group, Dr (HC) Alim Markus saat berbagi pengalaman dengan mahasiswa UK Petra. (Foto: Farizal Tito/jatimnow.com)
Presiden Direktur Maspion Group, Dr (HC) Alim Markus saat berbagi pengalaman dengan mahasiswa UK Petra. (Foto: Farizal Tito/jatimnow.com)

Surabaya - Persentase kewirausahaan Indonesia masih tergolong rendah di kalangan negara anggota ASEAN. Guna meningkatkannya, perlu kolaborasi antara dunia usaha dan perguruan tinggi untuk menumbuhkan minat dan mengasah kemampuan wiraswasta di kalangan mahasiswa.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Direktur Maspion Group, Dr (HC) Alim Markus saat berbagi pengalaman dengan mahasiswa UK Petra bertemakan wiraswasta di era digital, yang digelar di Gedung Amphitheater, Gedung Q, kampus setempat, Kamis (21/4/2022).

"Generasi muda saat ini jika ingin menjadi wiraswasta muda maka dibutuhkan kerja keras, komitmen, serta konsistensi," ujar Alim Markus.

Banner Morula IVF Landscape

Pengusaha berusia 71 tahun itu menambahkan, ada lima karakteristik wiraswasta sukses, yaitu jujur, menjaga reputasi, rajin, komunikasi yang baik dan tidak mudah menyerah.

Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, Alim juga menceritakan pengalamannya mulai dari merintis, menjalani hingga mengembangkan bisnis salah satu perusahaan produsen perkakas rumah tangga terbesar di Indonesia.

“Tidak ada formula untuk sukses. Artinya tidak ada jalan instan menuju sukses. Maju terus, pantang mundur," tambah Alim.

Dr (HC) Alim Markus saat berdialog dengan mahasiswa UK Petra Surabaya.Dr (HC) Alim Markus saat berdialog dengan mahasiswa UK Petra Surabaya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Prodi Magister Management UK Petra, Serli Wijaya menuturkan bahwa pemerintah Indonesia menargetkan pada akhir 2024 mendatang, tingkat wirausaha di Indonesia diminta bertumbuh sekitar 1.5 juta wiraswasta.

Maka dari itu untuk mewujudkan target ini, sinergi antara kampus dan dunia usaha termasuk dengan kegiatan yang digelarnya, bertujuan untuk menularkan semangat dan motivasi bagi para mahasiswa yang nantinya ingin berwirausaha.

“Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk mendukung program Pemerintah Indonesia yang menargetkan pada akhir 2024 tingkat wirausaha di Indonesia bertumbuh empat persen. Kami ingin memberikan insights kepada mahasiswa mengenai kiat sebagai wiraswasta di era digital saat ini melalui seminar ini," ujar Serli.

Loading...

Kegiatan bertajuk Mencetak Satu Juta Wiraswasta ala Alim Markus yang diusung oleh Program Studi Magister Management UK Petra ini merupakan salah satu rangkaian CEO talk series yang menjadi agenda bulanan dari MM UK Petra.

Loading...