Pixel Code jatimnow.com

Ramadan Now

Dulu Anggap Islam Kejam, Kini Dian Sastro Sering Khatam Alquran

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Dian Sastro (Foto: Republika)
Dian Sastro (Foto: Republika)

jatimnow.com - Artis Dian Sastro merupakan seorang mualaf yang mempelajari dan masuk islam bahkan kini kerap khatam Alquran. Rupanya, Dian di masa lalu sempat mengira agama Islam yang diyakini saat ini, sebagai agama yang kejam. Bagaimana kisahnya?

Dalam sebuah video YouTube, Dian Sastro itu menyebutkan bahwa pencariannya terhadap Islam bermula dengan keinginannya mencari tahu berbagai agama lain. Meski dididik dan tumbuh dalam keluarga Katolik, Dian merasa tetap memiliki rasa ingin tahu akan agama lain seperti Buddha, Hindu, hingga Islam.

"Akhirnya saya belajar agama Buddha, kayak yoga, kalau yoga kan memang olahraga ya. Hindu, Kong Hu Cu bahkan, termasuk juga Katolik. Termasuk juga saya ketemu guru Islam," tutur Dian Sastro.

Banner Morula IVF Landscape

Pemain Ada Apa Dengan Cinta itu mengaku saat mencoba mengenal Islam, sempat ada keraguan besar. Sebab, Dian selalu mengira bahwa Islam adalah agama yang kejam sampai ia mengetahui kebenarannya usai mempelajari Islam.

"Saya kira tuh dulu Islam agama yang kejam. Nggak tahunya saya ketemu guru yang dalam sampai akhirnya saya buka mata saya bahwa Islam sama sekali tidak kejam. Karena intinya tuh justru Islam tuh penuh cinta," imbuh pemain Aruna dan Lidahnya.

Saat mempelajari Islam itu, Dian ditanya untuk memulai salat oleh sang guru yang disanggupinya dengan mantap. Di momen itu pula, Dian akhirnya mengucap dua kalimat syahadat dan menjadi seorang muslim.

"Mengucap syahadat saat malam Isra Miraj tahun 2002. Dan mulai belajar salat," bebernya.

Artis 40 tahun itu mengaku sempat ragu dan khawatir dengan keputusannya. Apalagi, Dian juga takut akan respons orang tua, kerabat, serta penggemarnya yang khawatir akan kecewa dengan pilihannya. Namun, Dian tetap teguh pada pendiriannya dengan satu prinsip.

"Tapi saya lihat lagi ke dalam hati saya apa yang saya yakini dan konsekuensinya tinggal saya jalani sepenuhnya," jelas lulusan Universitas Indonesia itu.

Diakuinya, ibundanya yang menganut agama Katolik sempat mempertanyakan keputusannya menjadi muslim. Terlebih, Dian mengaku banyak yang ragu keputusannya berasal dari sang kekasih yang beragama Islam.

“Sempet ditanya Mama bener masuk Islam nggak main-main. Kebetulan saya pacaran sama orang Islam. Banyak banget yang mikir saya masuk Islam karena pacar. Banyak banget yang skeptis," imbuhnya.

"Jadi sekarang saya jalani sampai sekarang, alhamdulillah dikasih jalan," jelasnya seraya tersenyum.

Keyakinannya menjadi muslim sejak tahun 2002 justru memberinya banyak hal, termasuk dengan tetap fokus beribadah mulai dari salat dan mengaji. Kini, Dian terlihat kerap khatam Alquran yang sepertinya rutin dilakukan saat Ramadan.

Loading...

Baca Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...