Pixel Code jatimnow.com

Warga Bangkalan Hati-hati! Ini Hasil Sidak Dinkes di 4 Swalayan

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Fathor Rahman
Petugas Dinkes Bangkalan memeriksa kelayakan makanan di Bangkalan Plaza. (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)
Petugas Dinkes Bangkalan memeriksa kelayakan makanan di Bangkalan Plaza. (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)

Bangkalan - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan melakukan operasi kelayakan makanan bersama sejumlah instasi lainnya di Bangkalan, Selasa (26/4/2022). Mereka menemukan sejumlah makanan tidak layak konsumsi pada empat swalayan.

Empat lokasi inspeksi mendadak makanan dan minuman (Sidak Mamin) adalah Indah Swalayan, Swalayan Tretan, Tom and Jerry Swalayan dan Hyfresh di area Bangkalan Plaza (Banplas).

Dinkes melakukan pemeriksaan makanan bersama sejumlah petugas dari Dinas Perdagangan, Polres Bangkalan, dan Satpol PP setempat. Secara bergantian, empat lokasi disisir satu per satu.

Banner Morula IVF Landscape

Kepala Dinkes Bangkalan, Sudiyo mengatakan, pihaknya sengaja melakukan sidak gabungan. Sehingga hasilnya lebih maksimal. Terbukti di semua swalayan ditemukan makanan yang sudah tidak layak konsumsi.

"Beberapa makanan kami temukan tidak layak konsumsi. Sehingga, hal ini sangat membahayakan," katanya.

Diungkapkan, beberapa temuannya dinilai penting. Seperti adanya barang kedaluarsa, kemasan penyok hingga produk makanan tak memiliki izin edar. Sehingga, semua swalayan segera harus mengamankan dari lokasi penjualan.

Diterangkan, dari empat lokasi, hanya Indah Swalayan yang tidak ditemukan makanan kedaluarsa. Tapi lokasi tersebut ditemukan beberapa kemasan makanan yang sudah penyok, dan dinilai sudah tidak layak konsumsi. Sehingga, petugas melakukan penarikan terhadap semua makanan bermasalah.

"Kalau yang kedaluarsa sudah pasti kami tarik. Sementara makanan dengan kemasan rusak juga kami tarik. Karena isi di dalam kemasan sudah tidak aman dikonsumsi, " katanya.

Sudiyo mengungkapkan, pihaknya sengaja melakukan operasi tersebut karena menjelang Idul Fitri. Sehingga pemeriksaan kelayakan konsumsi pada semua jenis makanan dilakukan. Diakui, pemeriksaan dilakukan setiap tahun.

"Apa yang kami lakukan untuk memberikan keamanan pada masyarakat. Sehingga, masyarakat juga perlu waspada melihat kelayakan makanan yang dibeli," ungkapnya.

Loading...

Di lokasi sidak, Store Manager Hyfresh Bangkalan, Sunoko mengatakan pihaknya selalu rutin mengecek produk setiap waktu. Jika ada barang kedaluarsa langsung dipindah dan dimusnahkan.

"Hari ini saja yang diketahui ada keterlambatan penarikan. Dua puding diketahui kedaluarsa hari ini. Kedepan kami akan teliti lagi," katanya.

Loading...