Pixel Code jatimnow.com

Ingin Belikan Anak Baju Lebaran, Kuli Bangunan Bobol Rumah Kosong

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Pelaku pembobol rumah kosong diamankan polisi. (Foto: Jemy for jatimnow.com)
Pelaku pembobol rumah kosong diamankan polisi. (Foto: Jemy for jatimnow.com)

Surabaya - Unit Reskrim Polsek Mulyorejo meringkus seorang pelaku pembobolan rumah kosong. Pelaku bernama Langen (25) warga Jalan Gunung Anyar Tengah VI, Surabaya. Ia ditangkap usai membobol rumah di Perumahan Mulyosari BPD Balok E, Surabaya.

Kapolsek Mulyorejo Kompol Ardi mengatakan pelaku ini merupakan seorang kuli bangunan yang saat itu bekerja di samping rumah korban. Dia beraksi saat semua teman sesama tukang pulang.

"Modusnya tersangka ini memilih tidur di lokasi rumah yang masih dalam tahap pembangunan tersebut. Saat itulah dia memiliki ide untuk beraksi membobol rumah korbannya ini," kata Ardi, Jumat (29/4/2022).

Banner Morula IVF Landscape

Ardi menambahkan, saat beraksi itu tersangka sudah merencanakan aksinya dengan matang. Yakni mulai dari merakit tangga kayu untuk menaiki dinding pembatas hingga merusak teralis yang ada di rumah korban.

"Dia beraksi pada dini hari saat sekitar lokasi perumahan sedang sepi. Setelah berhasil masuk perkarangan rumah korban, dia merusak teralis di bagian ruang jemuran menggunakan linggis yang ada di lokasi proyek," jelasnya.

Setelah berhasil masuk pada bagian dalam rumah. Selanjutnya, pelaku ini mencari barang-barang berharga mulai dari eletronik hingga tembaga yang digunakan untuk penangkal petir di rumah tersebut.

"Dia mengambil laptop dan mengambil delapan gulungan tembaga. Aksinya itu diketahui oleh tetangga yang ada disamping rumah tersebut hingga dilaporkan ke pihak korban dan kepolisian," bebernya.

Usai mendapatkan laporan tersebut pihak kepolisian langsung menerjunkan tim untuk menyelediki dan mengumpulkan barang bukti termasuk CCTV yang ada di sekitar rumah tersebut.

"Kami selidiki dan curigai tersangka. Kami gerebek tersangka dan menemukan gulungan tembaga serta laptop korban di lokasi proyek tempat tersangka tinggal," terangnya.

Ardi mengimbau agar masyarakat lebih barhati-hati jika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, terlebih saat ditinggal mudik. Ia meminta masyarakat lebih waspada, kasus ini menjadi pembelajaran bagi semua.

"Sebaiknya pastikan rumah dalam keadaan aman, bisa menitipkan ke sekuriti setempat atau tetangga kanan-kiri. Pastikan semua dalam keadaan terkunci, apalagi pada lebaran nanti," jelas Ardi, di Mapolsek Mulyorejo.

Loading...

Pelaku mengaku nekat melakukan pencurian lantaran ingin membelikan baju Lebaran untuk anaknya. Ia mengaku baru dua kali melakukan pencurian, namun hanya di rumah itu saja.

"Baru dua kali pak, pertama ambil tembaga, kedua ambil laptop. Rencananya buat beli baju Lebaran anak," jawab pelaku singkat.

Loading...