Pixel Code jatimnow.com

Kunjungi Kota Pasuruan, Menteri BUMN Minta Potensi Wisata Lokal Diperkuat

Editor : Arina Pramudita Reporter : Moch Rois
Menteri BUMN Erick Thohir berziarah ke makam KH Abd Hamid di Pasuruan. (Foto: Pemkot Pasuruan/jatimnow.com)
Menteri BUMN Erick Thohir berziarah ke makam KH Abd Hamid di Pasuruan. (Foto: Pemkot Pasuruan/jatimnow.com)

Pasuruan - Menteri BUMN Erick Thohir melakukan blusukan di Kota Pasuruan. Selain berlebaran dengan sejumlah tokoh agama dan berziarah ke makam KH Abdul Hamid, ia juga mengisi diskusi terbuka.

"Kedatangan Pak Menteri kali ini juga sekaligus akan membuka operasi pasar murah minyak goreng dan gula di depan Gedung Harmonie Taman Kota," jelas Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Jumat (5/5/2022).

Ketika tiba di Pasuruan, Erick langsung sowan ke kediaman KH Idris Hamid di Pesantren Bait Al Hikmah, disambut Wali Kota Pasuruan berserta wakil dan Bupati Pasuruan berserta wakil.

Banner Morula IVF Landscape

Selain silaturahmi Lebaran, Erick juga sempat diskusi ringan dengan KH Idris, Gus Ipul serta Gus Irsyad. Beragam materi didiskusikan terutama terkait dunia pesantren dan perekonomian bangsa.

Usai sowan KH Idris, Erick lantas menuju ke Pendopo Kota Pasuruan untuk mengikuti pengajian rutin yang diikuti sejumlah ulama dan kiai dari kota dan Kabupaten Pasuruan.

Ia juga berziarah ke makam KH Abd Hamid sekaligus mengikuti salat magrib berjamaah di Masjid Jami Al Anwar Kota Pasuruan.

Erick ditemani Gus Ipul untuk melawat ke Habib Taufik Abdul Qodir Assegaf di kediamannya yang berada di belakang Masjid Al Anwar.

Dari Habib Taufiq, Erick lanjut silaturahmi ke Pendopo Kabupaten Pasuruan dan menghadiri acara di Gedung Harmonie yang berada di Jalan Pahlawan Kota Pasuruan.

Di sana, ia menyempatkan diri melihat sejumlah stand UMKM dan operasi pasar minyak goreng dan gula. Agenda dilanjutkan dengan mengikuti silaturahmi dalam Harmoni untuk penguatan destinasi wisata.

"Saya laporkan Pak Menteri, di sektor wisata Alhamdulillah Kota Pasuruan terus berbenah. Salah satunya kami mem-face off gedung-gedung heritage sehingga bisa menjadi destinasi wisata baru," jelas Gus Ipul.

Salah satu yang saat ini telah dikerjakan Pemkot Pasuruan adalah memperbaiki dan menata gedung Harmonie yang sudah tampak lebih indah dan cantik.

"Kami juga minta izin pada Pak Menteri untuk menata aset gedung-gedung P3GI milik BUMN. Nanti gedung P3GI akan jadi satu rangkaian wisata sejarah dengan gedung Harmonie," tambahnya.

Gus Ipul juga menceritakan potensi wisata religi makam KH Abd Hamid yang tiap hari dikunjungi lebih dari 1500 orang.

"Kita akan tata sehingga peziarah lebih betah lagi ziarah dan ke Kota Pasuruan," tegasnya.

Kota Pasuruan juga akan memperbanyak event dan aneka festival, baik itu pagelaran musik, selawatan serta aneka pertunjukan seni sehingga akan mengundang banyak wisatawan ke Kota Pasuruan.

Menteri BUMN Erick Thohir saat bersilaturahmi ke ulama di Kota Pasuruan.Menteri BUMN Erick Thohir saat bersilaturahmi ke ulama di Kota Pasuruan.

Sementara itu, Erick Thohir mengatakan, Kota Pasuruan dulunya memang dikenal sebagai kota sejarah.

Loading...

"Dari 100 persen wisata Indonesia. 70 persen adalah wisata lokal, termasuk wisata religi dan jalan-jalan. Seperti Kota Pasuruan Ini yang harus kita kembangkan," kata Erick.

Kunjungan wisatawan asing di Indonesia tidak lebih dari 30 persen. Karenanya penguatan potensi wisata lokal harus dilakukan.

Karenanya melalui kementerian BUMN, Erick akan mendorong peningkatan potensi wisata-wisata di daerah termasuk juga wisata religi, wisata alam, wisata sejarah, wisata bahari maupun potensi wisata lainnya.

"Kita akan mendorong peningkatan potensi wisata lokal daerah," tandasnya.

Loading...