Pixel Code jatimnow.com

UHW Perbanas Menggelar Pelatih Digital Marketing untuk UMKM Rusunawa Wonorejo

Editor : Arina Pramudita Reporter : Farizal Tito
Proses pelatihan pelatihan Digita marketing yang digelar UHW Perbanas Surabaya. (Humas UHW Perbanas for jatimnow.com)
Proses pelatihan pelatihan Digita marketing yang digelar UHW Perbanas Surabaya. (Humas UHW Perbanas for jatimnow.com)

Surabaya - Kelompok dosen Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas Surabaya mengambil peran untuk memberi pelatihan digital marketing bagi Ibu-ibu PKK RW X Rusunawa Wonorejo.

Upaya ini dilakukan agar ibu-ibu dapat terus melakukan pengelolaan keuangan keluarga, melalui bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) beraspek pemasaran digital secara optimal.

Pelatihan yang bertujuan meningkatkan daya saing untuk produk penjualan tersebut meliputi, pemanfaatan platform e-Commerce hingga teknis pembuatan konten fotografi produk dan digelar di kampus UHW Perbanas Kampus Wonorejo, pada Sabtu, (21/5/2022).

Tim dosen sekaligus narasumber pelatihan, Lindiawati menuturkan ada sekitar 30 pelaku UMKM mengembangkan usaha. Produk yang dijual pun didominasi dengan jenis makanan dan minuman.

”Saat berkunjung ke sana (rusunawa), rata-rata kami juga menemukan packing produk jualannya belum bagus, penamaan merk produk belum ada, hingga penjualannya belum memanfaatkan tekonologi terkini,” ungkap Lindi melalui siaran tertulisnya, Minggu (22/5/2022).

Baca juga:
Waspada! Uang Palsu Beredar di Sekitar Kebun Binatang Surabaya

Ketua tim kelompok dosen UHW Perbanas Romi Ilham menambahkan, pengabdian masyarakat yang dilakukannya bertujuan untuk membekali pelaku usaha memanfaatan teknologi dengan penjualan secara online melalui layanan pesan antar dan platform ecommerce.

”Dalam pelatihan ini, kami berikan panduan terkait teknik pemasaran digital. Bahkan, aktivias digital marketing mereka nantinya bisa diakses dengan smartphone atau handphone. Mereka kami latih juga teknik foto produk agar menarik di toko online dengan memanfaatkan studio mini,” tambah Romi.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan yang memiliki produk nasi babat Madura, Nor Hasanah mengaku senang karena mendapatkan ilmu dan pengalaman baru. Kegiatan pelatihan semacam ini ternyata baru pertama kali diikuti sehingga sangat membantu usahanya dalam meningkatkan pemasaran produk.

Baca juga:
Dicurhati Teman Bokek, Pria di Surabaya Bersekongkol Curi Motor Tetangga

”Saya biasanya foto sendiri produknya dan langsung di-upload. Kalau menggunakan studio foto ini hasilnya terlihat jadi lebih bagus,” kesannya.

Loading...

Diketahui, kegiatan pengabdian masyarakat oleh tim dosen UHW Perbanas, di antaranya Romi Ilham (Ketua Tim), Lindiawati, Dewi Ayu Wulandari, Yudha Delonix Renzina, dan Heri Supriyanto.

Loading...