Pixel Code jatimnow.com

Muncul Saat Dirituali, Begini Kisah Penampakan Penunggu Situs Sumberbeji Jombang

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Elok Aprianto
Situs Sumberbeji yang ada di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang.(Foto: Elok Aprianto)
Situs Sumberbeji yang ada di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Jombang.(Foto: Elok Aprianto)

Jombang - Situs Sumberbeji yang ada di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, sangat disakralkan warga sekitar. Bahkan kisah misteri juga menyelimuti bangunan yang dulu dilakukan ekskavasi pada 2019-2021 oleh tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim.

Berdasarkan keterangan warga sekitar, sederet cerita mistis muncul dari pertirtaan yang berdiri sejak era Kerajaan Kediri hingga Majapahit tersebut. Konon sering muncul penampakan dua sosok bertubuh besar yang kerap menjumpai warga. Termasuk mereka yang berniat melakukan ritual gaib untuk mendapatkan benda-benda bertuah.

Saat memasuki situs Pertirtaan Sumberbeji, kesan mistis sangat terasa. Terlihat ada dua pohon beringin cukup besar. Di belakang pohon terdapat kolam seluas 20 x 17 meter persegi dan kedalaman sekitar 2 meter dengan lantai berbahan bata merah kuno.

Di dalam pemandian kuno, tepatnya di dinding sisi Barat, ditemukan sebuah arca Garuda. Arca ini menempel pada dinding antara kanal masuk air dengan dinding selatan kolam.

Kepala Desa Kesamben Wandoko Sungkowo Yudha membenarkan bahwa di area petirtaan kuno banyak hal mistis terjadi. Salah satunya sering muncul dua sosok berbadan besar dan berwarna hitam.

"Itu memang sering muncul apabila ada pengunjung yang datang tidak berniat baik atau akan melakukan ritual yang tidak jelas," ungkap Kades, Selasa (24/5/2022).

Dikatakan Yudha, peristiwa itu dialami warga Kabupaten Kediri yang berniat mengambil benda pusaka yang ada di sekitar lokasi.

Baca juga:
Pencemaran di Saluran Air Gatsu Jombang, DLH Temukan IPAL Pabrik Plastik Rusak

"Waktu itu saya sudah ingatkan jangan melakukan ritual yang tidak benar atau mengambil benda pusaka yang ada. Akhirnya orang itu sampai mengeluarkan darah dari mulutnya. Dirinya juga sempat melihat sosok berbadan besar itu," katanya.

Situs petirtaan Sumberbeji juga kerap dijadikan ajang untuk mencari kekayaan secara singkat alias pesugihan.

"Dulu sering digunakan untuk pesugihan tapi sekarang sudah kami bersihkan tempat-tempatnya," bebernya.

Meski begitu, masih banyak masyarakat yang melakukan ritual. Namun kebanyakan masyarakat melakukan ritual untuk menyembuhkan diri. Sebab air Sumberbeji dipercaya bisa menyembuhkan dari semua penyakit.

Baca juga:
Madrasah se-Jombang Adu Kreasi Video Profil Sekolah

"Masih banyak yang melakukan ritual tapi hanya mandi. Biasanya ramai itu pada hari-hari tertentu seperti Jumat Pahing dan Legi," terangnya.

Loading...

Yudha mengatakan, memang kadar air Pertirtaan Sumberbeji memiliki PH (power of hydrogen) tinggi dan memiliki khasiat tersendiri bagi yang meyakini.

"Setelah dilakukan penelitian PH air Sumberbeji mencapai 9. Ini lebih bagus dibanding air mineral yang ada di pasaran. Jadi memang sangat bagus untuk kesehatan," pungkasnya.

Loading...