Pixel Code jatimnow.com

Gelar Longmarch, Imigran Afghanistan: Tolong Bantu Kami Pindah ke Negara Ketiga

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Zainul Fajar
Demonstrasi imigran Afghanistan (Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)
Demonstrasi imigran Afghanistan (Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)

Sidoarjo - Imigran asal negara Afghanistan menggelar demonstrasi dengan berjalan kaki (longmarch) dari Jalan Raya Jati hingga depan Gedung DPRD Kabupaten Sidoarjo. Mereka minta agar segera dibantu untuk pindah ke negara ketiga.

Mohammad Ali, salah koordinator aksi, menuturkan bahwa hal ini mereka lakukan karena buntut semakin mencekamnya kondisi Negara Afghanistan saat ini.

Ia mengatakan banyak dari keluarganya yang masih tinggal di Negara Afghanistan dan dirinya bersama imigran lainnya berharap agar segera dipindahkan dari Indonesia.

"Kami berharap agar kami bisa dipindahkan ke negara ketiga. Kami khawatir akan keluarga kami yang ada di Afghanistan saat ini di sana semakin mencekam," ujar Muhammad Ali, Selasa (31/5/2022).

Baca juga:
Anak Berkebutuhan Khusus Dilaporkan Hilang Tercebur Sungai di Sidoarjo

Ali juga menjelaskan, dirinya tidak tahu hingga sampai kapan akan bertempat tinggal di Indonesia. Ia mengatakan banyak dari imigran yang saat ini ditempatkan di Puspa Agro, Taman, Sidoarjo tersebut sudah hampir 10 tahun.

“Ada negara ketiga yang bisa menerima seperti Australia, Amerika, Canada, dan New Zealand yang terima imigran lewat UNHCR," imbuhnya.

Baca juga:
Kakek Ditemukan Gantung Diri di Bawah Jalan Tol Bebekan Sidoarjo

Ia menambahkan, kedepan dirinya bersama dengan imigran Afghanistan lainnya bisa segera diproses dan dipindahkan ke negara ketiga, maka keluarganya akan mereka tarik untuk keluar dari Afghanistan.

Loading...
Loading...