Pixel Code jatimnow.com

Jangan Kecele, Wisata Gunung Bromo Bakal Tutup Sementara, Simak Jadwalnya

Editor : Arina Pramudita Reporter : Galih Rakasiwi
Wisata Gunung Bromo bakal ditutup selama pengingatan Hari Raya Yadnya Kasada. (Foto: Dok TNBTS)
Wisata Gunung Bromo bakal ditutup selama pengingatan Hari Raya Yadnya Kasada. (Foto: Dok TNBTS)

Malang - Peringati Hari Raya Yadnya Kasada, kawasan wisata Gunung Bromo di Jawa Timur bakal tutup sementara mulai 15-16 Juni 2022.

Kepastian itu disampaikan oleh Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Novita Kusuma Wardani sesuai surat BB TNBTS nomor PG.357/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/6/2022. Serta surat dari Ketua Paruman Dukun Pandita Kawasan Tengger Nomor 077/Perm/PDP-Tengger/V/2022 yang disampaikan pada 17 Mei 2022.

"Benar, kawasan Bromo Tengger Semeru bakal ditutup mulai 15 Juni pukul 07.00 WIB hingga 16 Juni 2022 pukul 15.00 WIB. Karena di sana ada pelaksanaan rangkaian upacara ritual Yadna Kasada tahun 2022," jelasnya, Minggu (5/6/2022).

Ada empat titik masuk yang bakal ditutup antara lain pintu masuk Probolinggo, di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, dan dari Pasuruan di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari.

Baca juga:
Pelaksanaan Yadnya Kasada 2021, Gunung Bromo Ditutup Dua Hari Bagi Wisatawan

Kemudian, penutupan juga dilakukan dari wilayah Malang, dan Lumajang, pada pintu masuk Jemplang, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

"Sebelum dilakukan penutupan kita sudah menggelar koordinasi termasuk beberapa sesepuh Tengger. Harapannya wisatawan atau pengunjung memperhatikan ini agar tidak kecele," tegasnya.

Baca juga:
Kasada, Warga Suku Tengger Gunung Bromo Doakan Corona Segera Sirna

Perlu diketahui, Yadnya Kasada adalah ritual kurban ke kawah Gunung Bromo yang digelar setahun sekali setiap bulan Kasada hari ke-14 dalam penanggalan kalender tradisional Hindu Tengger.

Loading...
Loading...