Pixel Code jatimnow.com

Harga Cabai Rawit di Pasar Tradisional Jombang Tembus Rp90 Ribu/Kg

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Pedagang cabai rawit di Pasar Pon Jombang.(Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Pedagang cabai rawit di Pasar Pon Jombang.(Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Jombang - Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Jombang, mengalami peningkatan.

Kondisi ini salah satunya terlihat di Pasar Pon Jombang. Harga cabai rawit mengalami kenaikan lagi hanya dalam waktu dua hari. Jika dua hari sebelumnya Rp70 ribu per kilogram, kini sudah tembus Rp90 ribu.

Sunarti salah satu penjual bumbu dapur mengatakan, harga cabai rawit yang mengalami kenaikan ini dikarenakan pasokan yang terus berkurang ke pedagang. Dampak yang dirasakan sekarang, daya beli konsumen juga tak begitu banyak. Sehingga omset penjualan turun drastis hingga 50 persen.

"Nggak ada barang, makanya cabai naik sampai Rp90 ribu. Tapi ketika tahu harga segitu, pembeli jadi sepi," katanya, Selasa (7/6/2022).

Dikatakan Sunarti, pembeli yang biasanya membeli cabai seperempat kilogram, kini hanya membeli satu ons cabai.

Baca juga:
Tekan Harga Cabai, Pedagang di Lamongan Gunakan Siasat Ini

Sementara itu, Lilis (41) salah seorang pembeli cabai di Pasar Pon Jombang mengaku saat ini ia terpaksa mengurangi penggunaan cabai karena harganya yang terlalu mahal. Padahal, sambung Lilis dalam setiap masakan, keluarganya senang dengan rasa pedas.

"Keberatan juga. Biasanya beli setengah kilo, sekarang seperempat saja," tukasnya.

Baca juga:
Harga Cabai Rawit di Lamongan Makin "Pedas", Tembus Rp100 Ribu/Kg

Sementara itu, harga cabai di tiga pasar tradisional yakni Pasar Pon, Pasar Cukir dan Pasar Ploso, mencapai angka lebih dari Rp80 ribu per kilogram.

Loading...

Seperti terpantau di laman sistem informasi ketersediaan dan perkembangan harga bahan pokok (Siskaperbapo) Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Jombang. Harga cabai rawit harganya Rp87.667 per kilogram. Sedangkan harga cabai keriting Rp42.500 per kilogram. Untuk harga cabai biasa yakni Rp60.000 per kilogram.

Loading...