Jelang Haji, Penjual Pernak-pernik di Ponorogo Raup Untung Melimpah

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Suasana penjualan perlengkapan haji di Kemenag Ponorogo.

jatimnow.com - Jelang keberangkatan Haji akhir bulan Juli nanti, penjual perlengkapan dan kebutuhan Calon Jamaah Haji (CJH) di Ponorogo kebanjiran order.

Seperti pantauan jatimnow.com di halaman Kantor Kementerian Agama. Ada tiga penjual dadakan yang membuka lapak.

Yang menakjubkan, para penjual kebutuhan CJH bisa mendapatkan omset hingga Rp 1.000.000 per hari. Itu didapatkan dari CJH yang sengaja membeli setelah latihan manasik.

"Ya kalau tahun ini bisa dapat Rp 1.000.000 per hari. Itu sudah turun dibanding tahun lalu. Tahun lalu Rp 2.000.000," terang Asri Nur Afiati, penjual perlengkapan haji.

Ia mengaku, menurunnya omsetnya karena sekarang banyak saingan. Berbeda tahun lalu yang hanya dirinya seorang menjual perlengkapan haji di halaman Kemenag Ponorogo

"Tahun lalu cuma saya saja. Jadi banyak yang beli. Sekarang banyak saingan makanya juga berkurang," terangnya kepada jatimnow.com.

Ia mengatakan, untuk barang yang paling laku yakni oleh-oleh haji. Ia mencontohkan seperti kurma, air zam-zam.

"Banyak yang beli oleh-oleh. Karena sama pemerintah kan dibatasi. Makanya beli di kami," terangnya.

Sementara CJH mengaku sangat terbantu dengan adanya penjual kebutuhan kebutuhan haji dadakan ini. Sebab mereka tidak perlu repot-repot pergi ke luar kota.

"Saya terbantu sih. Karena perlengkapan haji bisa dibeli disini. Perlengkapan ada semua," kata Ana Rahmawati, pembeli CJH.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter