Pixel Code jatimnow.com

Tahap Terakhir Ekskavasi Candi Patakan Lamongan, BPCB Eksplorasi Pagar

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Tim ekskavasi BPCB Jatim di Candi Pataan Lamongan. (Foto : BPCB Jatim for jatimnow.com)
Tim ekskavasi BPCB Jatim di Candi Pataan Lamongan. (Foto : BPCB Jatim for jatimnow.com)

Lamongan - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan ekskavasi tahap terakhir di situs Candi Patakan di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Lamongan. Targetnya melakukan eksplorasi bagian pagar.

Terhitung ekskavasi ini menjadi yang kelima kali dilakukan pada bangunan yang diduga peninggalan masa Raja Airlangga tersebut. Ekskavasi akan dilakukan 9 hari kedepan.

"Ekskavasi tahap kelima atau tahap terakhir sudah mulai kita lakukan, sejak 21 Juni lalu dan ditargetkan akan berlangsung selama 9 hari, hingga 29 Juni mendatang," kata Wicaksono Dwi Nugroho, Kamis (23/6/2022).

Selain itu, disebutkan Wicak, pihaknya akan membuka lahan di sekitar candi atau infrastruktur pagar yang memutari candi.

"Kita juga akan berupaya menampilkan bahwa candi ini memiliki pagar keliling, meski yang tersisa saat ini hanya pagar bagian barat," ujarnya.

Nantinya, lanjut Wicak, akan ditemukan berapa luas lahan yang butuhkan untuk ditentukan kawasan konservasi. Ia memperkirakan luasan lahan konservasi Candi Patakan jika dihitung secara keseluruhan bisa mencapai 2 sampai 3 hektare.

Baca juga:
BPCB Jatim Akhirnya Temukan 3 Struktur Candi Wahana di Situs Pandegong

"Tahapan ekskavasi sudah kita nyatakan selesai di tahun ini, nanti dari kami yang ada di kepurbakalaan ranahnya adalah kegiatan pemugaran dan konservasi," imbuhnya.

Meski sudah selesai ekskavasi, tandas Wicak, langkah selanjutnya adalah langkah konservasi yang dilakukan oleh BPCB Jatim bersama Pemkab Lamongan yang di dalamnya ada juga langkah pemugaran.

"Di luar dari pelestarian dan konservasi Candi Patakan itu sendiri, ada juga langkah pengembangan pemanfaatan sebagai kawasan wisata, yang nantinya berjalan seiring," tambahnya.

Baca juga:
Hari ke-4 Ekskavasi Situs Pandegong, Peneliti BPCB Jatim Temukan Kepala Nandi

Hingga hari ketiga ekskavasi tahap kelima ini, Wicak mengaku belum ada temuan baru. Pihaknya masih pada kesimpulan awal yang menduga Candi Patakan adalah situs candi peninggalan masa Airlangga berdasarkan temuan-temuan yang ada dan dukungan bukti-bukti arkeologis lainnya.

Loading...

"Jadi kami masih pada kesimpulan awal, dimana situs candi Patakan ini adalah situs peninggalan masa Airlangga," tegasnya.

Loading...