Pixel Code jatimnow.com

Ruang Kelas Sekolah di Trenggalek Ambruk Tertimpa Longsor

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Bramanta Pamungkas
Ruang kelas Sekolah Satu Atap di Trenggalek yang ambruk. (Foto: Polsek Kampak for jatimnow.com)
Ruang kelas Sekolah Satu Atap di Trenggalek yang ambruk. (Foto: Polsek Kampak for jatimnow.com)

Trenggalek - Intensitas hujan tinggi yang terjadi menyebabkan sebuah bangunan Sekolah Negeri Satu Atap di Trenggelek ambruk karena longsor. Satu ruang milik sekolah negeri yang berada di Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak ini rusak total setelah tanahnya mengalami longsor.

Aktivitas belajar mengajar di sekolah tersebut untuk sementara ditiadakan. Pihak sekolah berencana akan memindahkannya ke sebuah gedung tak jauh dari lokasi kejadian.

Kapolsek Kampak Iptu Andi Salbi, mengatakan peristiwa sekolah yang roboh tersebut terjadi dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB. Tebing yang menyangga pondasi sekolah ini longsor sehingga ruang kelas diatasnya ambruk.

"Peristiwanya dini hari tadi, saat itu tanah yang ada di bagian belakang sekolah longsor, kondisi tersebut menyeret konstruksi gedung yang ada di atasnya," ujarnya, Jumat (24/6/2022).

Baca juga:
Pilihan Pembaca: Tertimbun Longsor, Sidang Mas Bechi, Tata Cara Upacara Bendera

Sebelumnya kawasan tersebut selama dua hari terakhir ini diguyur hujan deras. Pihak sekolah sebenarnya sudah melaporkan kondisi kelas yang terancam longsor ini ke dinas terkait. Beberapa bagian ruang temboknya juga retak sebelum kejadian ini.

"Sebenarnya sudah dilaporkan namun belum ada tindakan dan akhirnya ambruk hari ini," tuturnya.

Baca juga:
Pencari Rumput Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Desa Temboro Magetan

Menurut Andi, sedikitnya terdapat 3 desa di wilayahnya yang terdapat potensi bencana longsor. Yakni wilayah Desa Ngadumulyo, Timahan dan Karangrejo. Daerah tersebut memiliki kontur tebing sehingga rawan terjadi longsor saat hujan deras turun.

"Kita juga mengimbau kepada warga untuk selalu berhati-hati dan waspada," pungkasnya.