Pixel Code jatimnow.com

Pertama Kali Miliki Kloter Haji Utuh, DPRD: Kami Titip Doa untuk Surabaya

Editor : Redaksi Reporter : Advertorial
Ketua PKK Surabaya Rini Indriyani (kiri), Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua Komisi A DPRD Surabaya Pertiwi Ayu Krishna (tengah). (Foto-foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Ketua PKK Surabaya Rini Indriyani (kiri), Walikota Surabaya Eri Cahyadi, Ketua Komisi A DPRD Surabaya Pertiwi Ayu Krishna (tengah). (Foto-foto: Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

Surabaya - Calon jemaah haji asal kota Surabaya berangkat ke Tanah Suci. Menariknya, tahun ini merupakan pertama kalinya, Surabaya memiliki kloter secara utuh. Setelah bertahun-tahun menjadi kloter penyangga.

Mereka diberangkatkan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dengan disaksikan seluruh anggota Komisi A DPRD Surabaya.

Ditemui usai pemberangkatan, Ketua Komisi A Pertiwi Ayu Krishna mengaku bangga atas kinerja Wali Kota Surabaya.

"Alhamdulillah pelaksanaan haji tahun ini sebagai obat dahaga atas tertundanya dua tahun karena pandemi Covid-19. Artinya warga Surabaya yang bisa berhaji menghadiri rumah Allah untuk melaksanakan ibadah haji," ucap Ayu, sapaan akrabnya, Jumat (1/7/2022).

Menurutnya, usaha Wali Kota Surabaya memang tak mudah mengupayakan keberangkatan mandiri di wilayah Kota Pahlawan. Sehingga, kesuksesan ini ia harapkan menjadi semangat baru bagi warga Surabaya untuk berangkat ke Tanah Suci baik haji ataupun umrah.

"Itu bagus. Wali Kota selaku pemimpin di kota ini tentu ingin melepas calon-calon jemaah haji yang akan melaksanakan rukun Islam. Karena apa? Tidak semua masyarakat Surabaya diberikan kesempatan, dipanggil ke rumah Allah," kata politisi Golkar Surabaya itu.

"Kami berharap di tahun-tahun mendatang masyarakat Surabaya banyak diberikan kesempatan untuk datang ke rumah Allah untuk melaksanakan ibadah haji maupun umrah dengan selamat, dengan kesehatan, dan kami menitip doa di rumah Allah, agar Surabaya bisa menjadi kota yang baldatun toyyibatun wa robbun ghofur," sambungnya

Baca juga:
Obrolan Hangat Legislator PDIP dengan Emak-emak di Surabaya

Tak lupa dirinya juga menitipkan doa untuk kesuksesan pembangunan Surabaya hingga perbaikan pemerintahan di Kota Pahlawan.

"Nanti orang Surabaya harus juga bisa mendoakan bahwa bapake wong Suroboyo (wali kota), oh ternyata peduli dengan warganya yang akan berangkat ke rumah Allah, karena ibadah haji bagi usia lanjut itu sangat sulit, nah tentu ini bentuk tanggung jawab seorang pemimpin," tandasnya.

Baca juga:
Gagal Berangkatkan Puluhan Jemaah Haji Furoda, Begini Penjelasan Biro Perjalanan

Hal yang sama juga diungkapkan, anggota Fraksi PKB Camelia Habiba, ia mengaku bangga dengan usaha keras yang dilakukan Pemkot di bawah kendali Eri Cahyadi. Ia berharap, kloter utuh tahun ini bisa konsisten diselenggarakan setiap tahun bagi warga di Kota Pahlawan.

"Karena selama ini Surabaya sebagai kolter penyanggah, mudah-mudahan keberangkatan tambahan setelah masa pandemi ini Surabaya mempunyai kloter utuh, sehingga di tahun-tahun selanjutnya kami bisa melepaskan jemaah haji embarkasi Surabaya," katanya.

"Kami juga menitipkan doa-doa dari warga Surabaya yang berangkat bagi kota Surabaya," imbuhnya. (ADV)