Pixel Code jatimnow.com

Aksi Pencurian Kotak Amal di Jombang Terekam CCTV

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Elok Aprianto
Kotak amal yang kondisinya rusak usai isinya dikuras maling.(Foto: Elok Aprianto)
Kotak amal yang kondisinya rusak usai isinya dikuras maling.(Foto: Elok Aprianto)

Jombang - Aksi pencurian kotak amal masjid kembali terjadi di Kabupaten Jombang. Akibatnya uang sebesar Rp500 ribu yang ada di dalam kotak amal raib digondol maling. Aksi pencurian kotak amal di Masjid Al-Hidayah, Dusun Medan Bhakti, Desa Sumobito, Kecamatan Sumobito itu terekam CCTV.

Menurut Pengurus Masjid Al-Hidayah Iwan Ardika (47),aksi pencurian terjadi Selasa (5/7) pagi. Pelaku masuk ke dalam masjid melalui pintu belakang.

"Sekitar pukul 08.56 WIB, ada seorang pria datang dari arah Barat atau dari arah jalan raya. Menggunakan sepeda motor Honda Beat warna hitam berhenti di halaman dan melihat masjid. Pria ini mondar-mandir sambil telepon dengan seseorang di area belakang masjid. Kemudian pria ini datang ke pintu tengah masjid sambil melihat kotak amal," ujar Iwan, Rabu (6/7/2022).

Pelaku langsung berjalan menuju ke arah kotak amal. Selanjutnya, pelaku mengambil kotak amal.

Baca juga:
Terlalu! Pria di Surabaya Curi HP Pasien saat Sama-sama Antre Berobat

"Pelaku menutupi dirinya dengan kotak amal menggunakan besi penghalang yang biasa digunakan pembatas jamaah pria dan wanita. Selanjutnya pelaku membongkar kotak amal," terangnya.

Marbout masjid mengetahui kotak awal sudah kosong dan gemboknya dalam kondisi rusak. Kasus ini kemudian dilaporkan ke polisi.

Baca juga:
Bobol Rumah Kos, Residivis di Mojokerto Diringkus

"Nilai uangnya sekitar Rp500-an, gemboknya dirusak pelaku. Laporan sudah ke Polsek Sumobito. Mudah-mudahan pelaku tertangkap, karena di kamera CCTV sudah terlihat jelas pelakunya," tukasnya.