Pixel Code jatimnow.com

Pengurus Organisasi PCTAI Gagal Dilantik Gegara Jemput Paksa Mas Bechi, Lho?

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Jajaran pengurus organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia (PCTAI) saat menggelar konferensi pres di Hotel Yusro. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Jajaran pengurus organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia (PCTAI) saat menggelar konferensi pres di Hotel Yusro. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Jombang - Peristiwa jemput paksa M. Subchi Azal Tsani alias Mas Bechi oleh aparat kepolisian pada Kamis 7 Juli lalu ternyata berdampak pada pelantikan pengurus organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia (PCTAI). Lho?

Pasalnya, puluhan anggota pengurus DPP PCTAI saat itu hendak menggelar acara pelantikan pengurus baru periode 2022-2027 di Pondok Pesantren Shiddiqiyyah. Namun pada hari yang sama ada proses jemput paksa Mas Bechi.

Benedictus Jepta Silaban selaku Litbang Media dan Informasi DPP PCTAI menjelaskan bahwa saat hari itu ada sekitar 70 anggota pengurus DPP PCTAI yang baru. Pengurus baru ini datang dari berbagai daerah untuk dilantik oleh ketua dewan pendiri PCTAI kyai Muchammad Muchtar Mu'thi.

"Sudah ada upaya dan ngeluarin biaya buat acara itu, ternyata ada peristiwa itu," ujar Silaban, Selasa (12/7/2022).

Ia mengaku pada malam hari sebelum peristiwa itu, anggota pengurus baru sudah sempat melakukan gladi bersih.

"Kehadiran kita di sana itu dalam rangka pelantikan. Kita minjam tempat di sana. Namun saat berangkat ke sana, waduh ada begini, jadi kaget," bebernya.

Dikatakan Silaban anggota pengurus yang datang itu berasal dari seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Baca juga:
Sidang Lanjutan Mas Bechi akan Hadirkan 40 Orang Saksi

"Yang hadir 70 orang, anggota lain kan banyak yang datang dari Sumatera, Jakarta, dan beberapa daerah lainnya," ungkapnya.

Ia menyebut ada beberapa orang anggota PCTAI yang ikut diamankan polisi. Termasuk dalam 323 orang itu.

"Yang diamankan udah dipulangkan karena ada ID card dari PCTAI. Sekitar tanggal 8 udah dipulangkan," tegasnya.

Baca juga:
Hakim Kabulkan Sidang Offline Mas Bechi, Begini Tanggapan Penasihat Hukum

Sementara itu, Mulyono selaku Kepala Bidang Hukum dan Keamanan PCTAI mengakui ada beberapa anggota pengurus DPP PCTAI yang diamankan polisi saat upaya jemput paksa Mas Bechi tanggal 7 Juli kemarin.

"Ya sebenarnya kita di sana akan dilantik, dan tidak ada korelasinya dengan upaya penegakan hukum yang dilakukan polisi. Ada beberapa ya yang ikut diamankan, tapi sudah dikeluarkan lagi," pungkasnya.

Hingga hari ini jajaran pengurus organisasi PCTAI yang baru masih belum dilantik.