Pixel Code jatimnow.com

Hiu Tutul 10 Meter Tewas Terdampar di Pantai Nyamplong Jember, Jangan Mendekat!

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Dwi Kuntarto Aji
Hiu Tutul yang terdampar di pantai Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Jember. (Foto: Polairud Polres Jember for jatimnow.com)
Hiu Tutul yang terdampar di pantai Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas Jember. (Foto: Polairud Polres Jember for jatimnow.com)

Jember - Hiu tutul yang memiliki panjang kurang lebih 10 meter terdampar di Pantai Nyamplong, Kobong Dusun Njeni, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas pada Kamis (14/7/2022).

Beberapa nelayan sempat berusaha menolong hewan yang dilindungi tersebut. Namun tidak beberapa lama, hiu tersebut terdampar ke pinggir lagi dan akhirnya mati.

"Kami sudah berusaha tadi bersama masyarakat nelayan, namun hiu ukuran 1 ton lebih dengan panjang 10 meteran tersebut ketika kami dorong ke laut kondisinya memang seperti kelelahan dan akhirnya terdampar lagi dan mati," kata Afif warga di Pantai Nyamplong.

Sementara, Kasat Polairud Polres jember AKP Nai mengatakan pihaknya mengaku mendapat laporan ada hiu terdampar itu pada pukul 09.00 WIB.

"Iya benar, jika di pantai selatan ada hiu terdampar dengan panjang 10 meter dan berat lebih dari 1 ton," jelasnya.

Baca juga:
KLM Cinta Kembar Terseret Ombak setelah Mesin Mati, Terdampar di Pulau Giliyang

Untuk penyebabnya, Nai mengatakan hal itu biasanya terjadi karena cuaca ekstrem. Seperti angin kencang disusul gelombang besar. Sampai membuat hiu tersebut terdampar di Pantai Selatan Jawa.

"Itu biasanya memang karena cuaca ya, terutama angin arah dari Australia, dimana menang beberapa hari terakhir cukup ekstrem," ujarnya.

Baca juga:
Hiu Paus Terdampar di Pantai Ngagelan Banyuwangi Jadi Santapan Biawak

Untuk selanjutnya, ia akan menjaga bangkai hiu ini agar tidak ada warga yang mendekat, karena sangat berbahaya bagi warga.

"Selain bakteri dari bangkai yang ditimbulkan, ombak yang besar juga sangat berbahaya," tegas dia.