Pixel Code jatimnow.com

Eks Bupati Probolinggo Tahanan Kasus Korupsi Dilimpahkan ke Rutan Surabaya

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Zain Ahmad
Eks Bupati Probolinggo di Rutan Klas I Surabaya.(Foto: Humas Kemenkumhan Jatim)
Eks Bupati Probolinggo di Rutan Klas I Surabaya.(Foto: Humas Kemenkumhan Jatim)

Surabaya - Rutan Klas I Surabaya di Medaeng, Sidoarjo, menerima pelimpahan tahanan dari Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (14/7/2022). Tahanan yang merupakan mantan Bupati Probolinggo berinisial HA itu langsung dimasukkan ke blok isolasi mandiri.

"Sudah diterima tadi sekitar pukul 10.00 WIB," kata Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji.

Menurut dia, HA diserahkan langsung Jaksa KPK Arif Suhermanto. Kemudian diterima petugas registrasi rutan. HA dilimpahkan dari Rumah Tahanan Negara Klas I Jakarta Timur Cabang Rutan KPK. Pelimpahannya tetap ke rutan, tepatnya Rutan Surabaya, karena statusnya masih sebagai tahanan.

"Karena masih ada upaya banding, statusnya masih sebagai tahanan A4 atau tahanan pengadilan tinggi,” jelas Zaeroji.

Baca juga:
Antisipasi Pungli dan Pemerasan, Rutan Bangkalan Terapkan Sistem e-Pas Card

Sementara itu, Kepala Rutan Klas I Surabaya Hendrajati mengatakan bahwa penitipan ini bersifat sementara. Kendati demikian, ia menegaskan bahwa HA harus mengikuti SOP yang berlaku. Setelah diperiksa petugas kesehatan, HA langsung dimasukkan ke blok isolasi mandiri selama minimal 7 hari ke depan.

Hendrajati tidak bisa memastikan sampai kapan HA di Rutan Surabaya. Namun, HA akan dipindah jika sudah ada putusan dari pengadilan dan tidak ada upaya hukum lagi.

Baca juga:
1.117 Napi Hindu Terima Remisi Nyepi

"Jika sudah tidak ada upaya hukum lanjutan, yang bersangkutan akan dipindah ke lapas, kemungkinan yang dekat dengan domisilinya," pungkasnya.