Pixel Code jatimnow.com

Plat Nomor Putih Resmi Diterapkan di Kota Malang

Editor : Arina Pramudita Reporter : Galih Rakasiwi
Ilustrasi lalu lintas kendaraan bermotor di Kota Malang. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Ilustrasi lalu lintas kendaraan bermotor di Kota Malang. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

Malang - Polresta Malang Kota mulai menerapkan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) warna putih dengan tulisan hitam.

Pemberlakuan ini menindaklanjuti instruksi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk mendukung target 5 tahun mendatang, di mana semua kendaraan sudah berganti warna untuk mendukung pelaksanaan efektivitas tilang elektronik yang berbasis kamera atau e-TLE.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppy Anggi Khrisna mengatakan kebijakan plat nomor putih sudah mulai diterapkan sejak 18 Juli 2022.

"Jadi nanti mobil baru atau kendaraan yang ganti plat lima tahunan langsung mendapat plat putih. Kendala plat hitam itu terkadang ada kesalahan identifikasi atau sulit terbaca oleh kamera e-TLE yang menjadi pengawas di jalan," imbuhnya.

Plat putih, lanjutnya, memudahkan pengawasan. Saat ini sudah ada ratusan kendaraan bermotor di Kota Malang telah mengganti warna plat nomor dari warna dasar hitam ke putih.

"Mulai mobil dan sepeda motor banyak yang sudah ganti warna. Lalu karena ini masih masa transisi kepolisian juga tidak melakukan penindakan terhadap kendaraan berpelat nomor hitam karena memang belum waktunya ganti pelat," tutupnya.