Pixel Code jatimnow.com

Diduga Palsukan Akta Lahir, Cakades Terpilih di Sidoarjo Gagal Dilantik

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zainul Fajar
Ilustrasi pemalsuan dokumen (Foto: Dok. jatimnow.com)
Ilustrasi pemalsuan dokumen (Foto: Dok. jatimnow.com)

Sidoarjo - Calon kepala desa (cakades) terpilih di Sidoarjo gagal dilantik setelah diduga melanggar administrasi pendaftaran dengan cara memalsukan persyaratan administratif saat pencalonan.

Cakades berinisial Sk itu terpilih dalam pemilihan kepala Desa Bogempinggir, Kecamatan Balongbendo. Diketahui dugaan pemalsuan persyaratan administratif itu dilakukan Sk dengan membayar oknum untuk membuatkannya akta kelahiran secara instan.

Kasus itu mencuat saat barcode yang tertera pada akta kelahiran Sk tersebut di-scan. Di mana nama yang terdaftar sebagai pemilik sah akta adalah anak dari ES, warga Desa Bogempinggir, tetangga Sk.

Baca juga:
Dituding Palsukan Akta Lahir Kini Dilantik, Kades di Sidoarjo: Saya Tidak Tahu

ES yang merasa bahwa anak namanya dicatut untuk kepentingan pribadi Sk sebagai syarat pencalonan kepala desa, tidak terima dan mengadukan hal itu ke polisi.

Kasi Humas Polresta Sidoarjo, Iptu Tri Novi Handono menyampaikan bahwa pengaduan itu memang sudah diterima. Dan saat ini, Satreskrim sedang melakukan sejumlah tahapan penyelidikan terkait kasus itu.

Baca juga:
Tiga Rumah di Pamekasan Diacak-acak Pencuri dalam Satu Malam, Ternyata...

"Bentuknya untuk saat ini berupa pengaduan masyarakat (dumas). Terkait detailnya, kasus ini masih dalam pendalaman terlebih dahulu," jelas Novi, Kamis (28/7/2022).