Pixel Code jatimnow.com

Mengenal Prodi Pengembangan SDM Hasil Kerjasama Unair dan Kominfo Jatim

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Kerjasama antara Pasca Sarjana Unair dan Kominfo Jatim (Foto: Fahrizal Tito/jatimnow.com)
Kerjasama antara Pasca Sarjana Unair dan Kominfo Jatim (Foto: Fahrizal Tito/jatimnow.com)

Surabaya - Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemprov Jatim menjalin kerjasama, menyiapkan program studi dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam menangani percepatan data.

Kepala Diskominfo Jatim, Hudiyono menjelaskan, saat ini pihaknya tengah fokus dalam percepatan data dalam program satu data Indonesia. Karenanya selain dengan Unair pihaknya juga menjalin kerjasama dengan ITS.

"Seperti diamanahkan dalam Undang-undang Perpres Nomor 39 Tahun 2011 bahwa kita harus memberikan pelayanan terbaik dalam bentuk percepatan data salah satunya adalah satu data Indonesia," ujar Hudiyono, Kamis (4/8/2022).

Menurut Hudiyono dalam rencana strategis Diskominfo, pihaknya harus memberikan kepastian transparansi terhadap proses program Pemprov Jatim. Sehingga diperlukan link and match di Unair dan ITS juga sedang mempersiapkan SDM yang berkaitan dengan kecepatan teknologi.

"Lebih cepat teknologi, SDM juga harus lebih cepat. Supaya SDM yang disiapkan bisa seimbang dengan teknologi informasi," tambahnya.

Baca juga:
Pemkot Pasuruan Jalin Kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara

Direktur Sekolah Pascasarjana Unair, Prof Badri Munir Sukoco mengungkapkan, sekolah pasca menjadi bagian dari digitalisasi SDM di Jawa Timur dengan mengelola prodi multidisiplin, yaitu magister Pengembangan SDM sebagai peminatan.

Program ini didirikan sebagai kebutuhan analitical yang selama ini banyak dibutuhkan karena bisa memanfaatkan data.

"Sekolah pasca sarjana menjadi hal penting untuk mengolah data agar bisa menyediakan data untuk menjadi dasar pengambilan keputusan strategis," ungkapnya.

Baca juga:
Sinergi Barata Indonesia dan PT Pabrik Gula Rajawali I Wujudkan Swasembada Gula

Harapannya, melalui prodi ini, mahasiswa pascasarjana akan dibekali konsep dan analisis untuk mengolah data yang siap dianalisis.

"Jadi tidak hanya analisis data, tapi juga input pengambilan keputusan," tandasnya.